Posted on Leave a comment

Kader Posbindu Antusias Lakukan Praktek Pemeriksaan

Samarinda – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Dinkes Kaltim) melanjutkan kegiatan hari kedua dalam rangka Refreshing Kader dan Pengaktifan Kembali Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Perangkat Daerah (PD) Provinsi Kalimantan Timur, di Hotel Verona Samarinda, Rabu (12 /6/2024).

Fokus pada hari kedua ini adalah praktek langsung pemeriksaan kesehatan. Para peserta yang terdiri dari kader kesehatan dari berbagai Perangkat Daerah di Kaltim mendapatkan bimbingan langsung dari instruktur mengenai teknik-teknik pemeriksaan yang efektif dan efisien.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, dr. Jaya Mualimin, dalam sambutannya menekankan pentingnya keterampilan praktis dalam pelaksanaan tugas Posbindu PTM.

“Kegiatan praktek ini sangat penting untuk memastikan para kader dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan benar dan sesuai standar di tempat tugas mereka masing-masing,” ujarnya saat menutup pelatihan angkatan pertama.

Ia juga menyampaikan bahwa jika ada kesulitan dalam pelaksanaan di instansi, segera sampaikan kepada pihak Dinkes untuk mendapatkan bantuan.

Praktek pemeriksaan meliputi pengukuran tekanan darah, penghitungan indeks massa tubuh (BMI), pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, serta pemeriksaan asam urat. Para kader diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung dengan bimbingan dari tenaga ahli kesehatan yang hadir.

Salah satu peserta, Primayudha Amrullah dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, menyatakan manfaat besar yang dirasakannya dari praktek ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat karena kami bisa langsung mempraktekkan ilmu yang didapat dan mendapatkan feedback dari instruktur. Ini akan sangat membantu kami saat kembali ke kantor untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

Dengan praktek langsung ini, diharapkan para kader akan semakin percaya diri dan terampil dalam menjalankan tugas Posbindu PTM di tempat mereka bertugas. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Dinas Kesehatan untuk memastikan bahwa program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dapat berjalan efektif di seluruh Perangkat Daerah di Kaltim. (Ade/pt)

BACA JUGA:  Pengurus Korcab XII DJA 1 Tanam Tanaman Herbal Sebagai Apotek Hidup Di Area Perkantoran

Ade Putri
12 Juni 2024, 8:27pm

SUMBER: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/kader-posbindu-antusias-lakukan-praktek-pemeriksaan

Tinggalkan Balasan