Posted on Leave a comment

10 Buah yang Rasanya Enak Namun Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat

Berikut adalah daftar 10 buah yang cocok sebagai pengganti camilan sehari-hari dan membantu menurunkan kolesterol serta asam urat.

Ega Ayu Agustin
Diperbarui 25 Mei 2024, 14:51 WIB

Fimela.com, Jakarta – Buah-buahan terkenal kaya akan vitamin dan nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Namun, masih banyak yang enggan mengkonsumsinya. Padahal, buah dapat menjadi alternatif sehat untuk camilan tidak sehat, terutama bagi mereka yang menghadapi masalah kolesterol atau asam urat. Beberapa jenis buah tidak hanya lezat dan segar, tetapi juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Berikut adalah daftar 10 buah yang cocok sebagai pengganti camilan sehari-hari dan membantu menurunkan kolesterol serta asam urat, dirangkum pada (22/05/2024).

Jeruk [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Buah pertama yang efektif dalam menurunkan kolesterol dan asam urat adalah jeruk. Buah ini kaya akan serat pektin, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selain itu, jeruk mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apel [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Apel juga mengandung pektin dan serat larut air lainnya, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat dalam apel berperan dalam mengatur kadar gula darah dan menstabilkan asam urat dalam tubuh. Selama ini, apel dikenal sebagai salah satu buah terbaik yang sering dimasukkan dalam program diet sehat.

Alpukat [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Avokad mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal) yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah ini juga kaya akan serat dan mengandung banyak nutrisi penting. Selain itu, alpukat tinggi asam folat, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, balita, dan anak-anak untuk mendukung perkembangan otak yang optimal.

BACA JUGA:  Dua Buah Pereda Asam Urat

Pisang [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik. Buah ini dipercaya dapat membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi di dalam pisang juga bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol. Konsumsi pisang secara rutin juga dipercaya mampu menstabilkan asam urat dalam tubuh. Selain itu, pisang terkenal sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Stroberi [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa stroberi termasuk dalam salah satu buah yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Anggur Merah [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Anggur merah mengandung resveratrol, senyawa yang membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan melindungi jantung. Buah ini juga kaya nutrisi penting, termasuk gula alami yang sehat sebagai sumber energi tubuh.

Bluberi [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Buah blueberry dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama anthocyanin yang dapat mengurangi peradangan serta gejala asam urat. Mengonsumsi blueberry secara teratur juga diyakini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.

Delima [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Delima adalah buah yang mengandung polifenol kuat yang disebut punicalagin. Buah ini terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Delima bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Kiwi [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik dan kaya serat tinggi, sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan memperkuat kesehatan pencernaan. Dikenal sebagai salah satu makanan super, kiwi kaya manfaat bagi kesehatan, menyediakan beragam nutrisi yang penting untuk tubuh setiap hari.

BACA JUGA:  Kerap Hanya Jadi Sampah Kering, Konsumsi Daun Sukun Ternyata Bisa Bantu Turunkan Asam Urat dan Kolesterol

Pir [Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Asam Urat]

Pir mengandung serat larut air yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah pir juga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, sehingga dapat dimasukkan ke dalam menu harian.

Buah Apa yang Menghilangkan Kolesterol dan Asam Urat?

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Buah Apa yang Paling Cepat untuk Menurunkan Kolesterol?

Selain pisang dan alpukat, rupanya beri juga masuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol yang baik dikonsumsi sehari-hari. Buah beri merupakan jenis buah-buahan yang mengandung indeks glikemik rendah. Artinya, tidak hanya kolesterol, tetapi buah beri juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sayur Apa yang Boleh Dimakan Orang Tinggi Asam Urat dan Kolesterol?

Pada dasarnya, jenis sayuran yang tidak mengandung purin tinggi cocok sebagai makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Beberapa pilihan sayur rendah purin lainnya adalah kentang, timun, dan kubis.

Apakah Timun Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat?

Timun memiliki kandungan purin yang cukup rendah, dan mengandung banyak air, sehingga baik untuk dikonsumsi seseorang yang memiliki asam urat dan kolesterol.

Buah Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Orang yang Punya Asam Urat?

Hal ini dikarenakan fruktosa yang terdapat dalam makanan kemasan dapat merangsang produksi asam urat yang berlebihan. Selain minuman kemasan, fruktosa juga terdapat dalam beberapa buah seperti apel, pir, anggur, dan kurma. Itulah beberapa jenis makanan pantangan yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat.

SUMBER: https://www.fimela.com/health/read/5604083/10-buah-yang-rasanya-enak-namun-bisa-bantu-turunkan-kolesterol-dan-asam-urat

Tinggalkan Balasan