Posted on Leave a comment

5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Cepat

Selasa, 21 Mei 2024 14:35

TRIBUNHEALTH.COM – Gout, atau yang dikenal juga sebagai asam urat, adalah kondisi nyeri sendi yang parah yang disertai dengan kemerahan, bengkak, dan sensasi panas akibat penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

Meskipun sering terjadi di jempol kaki, gout juga bisa menyerang sendi pada jari kaki lainnya, lutut, atau pergelangan kaki.

Pada penderita gout, penumpukan berlebihan asam urat dalam darah menyebabkan pembentukan kristal di dalam sendi.

Kristal ini memicu peradangan yang menghasilkan gejala seperti nyeri dan bengkak.

Penyebab utama gout adalah penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, suatu kondisi yang disebut hiperurisemia.

Berikut adalah beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat karena kandungan senyawa dan seratnya:

1. Ceri

Buah ceri kaya akan antioksidan seperti anthocyanin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan serangan asam urat pada beberapa individu.

Meskipun demikian, tetap penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah atau menambahkan diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani pengobatan.

2. Semangka

Semangka mengandung banyak air dan memiliki efek diuretik alami, membantu meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.

Meminum jus semangka secara teratur bisa menjadi salah satu bagian dari strategi pengelolaan asam urat.

Semangka mengandung banyak air dan memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu meningkatkan produksi urin, sehingga membantu dalam mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Selain itu, semangka juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat untuk penderita asam urat.

BACA JUGA:  Catat, Ini Daftar Buah-Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat

3. Buah Leci

Leci adalah sumber vitamin C yang baik. Satu buah leci bisa menyediakan sekitar 7 mg vitamin C, yang merupakan sekitar 7,5 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C.

Sementara itu, satu cangkir buah leci dapat mencukupi hingga 151?ri kebutuhan harian akan vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam leci memang dapat membantu dalam pengelolaan asam urat.

Vitamin C telah diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Oleh karena itu, mengonsumsi leci secara teratur dapat menjadi bagian dari strategi pengobatan asam urat yang sehat.

4. Kiwi

Buah kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kiwi memang dapat membantu dalam pengurangan kadar asam urat, sebagian karena vitamin C memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine dan membantu dalam proses pengeluaran asam urat.

Selain itu, manfaat antioksidan dari vitamin C juga dapat membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase, yang berperan dalam pembentukan asam urat.

Dengan mengurangi aktivitas enzim ini, kadar asam urat dalam tubuh dapat dikendalikan dengan lebih baik, sehingga mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat.

Oleh karena itu, mengonsumsi kiwi secara teratur bisa menjadi bagian dari strategi diet yang sehat untuk pengobatan dan pengelolaan asam urat.

5. Pisang

Pisang kaya akan kalium yang membantu mengurangi risiko pembentukan kristal asam urat dan meningkatkan fungsi ginjal.

Pisang mengandung vitamin C yang dapat membantu menghambat penyerapan asam urat di tubulus ginjal, sehingga membantu dalam pengeluaran asam urat melalui urine.

BACA JUGA:  9 Buah yang Dapat Obati Asam Urat, Terhindar dari Nyeri Sendi

Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor penting dalam pengelolaan asam urat dan gejala serangan gout.

Dengan demikian, mengonsumsi pisang secara teratur dapat memberikan manfaat tambahan bagi penderita asam urat dalam mengurangi risiko serangan gout dan meredakan gejalanya.

Dengan mengonsumsi buah-buahan ini secara teratur, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan gout. (Tribunhealth.com/Mel)

SUMBER: https://health.tribunnews.com/2024/05/21/5-buah-yang-bisa-membantu-menurunkan-kadar-asam-urat-dengan-cepat

Tinggalkan Balasan