Posted on Leave a comment

Kenali 5 Ciri Terkena Asam Urat di Usia Muda dan Cara Terbaik Pengobatannya, Simak Yuk!

Phanie Siti Fauziah
Kamis, 30 May 2024 06:45 WIB

Asam urat atau gout sering kali dikaitkan dengan orang yang berusia lanjut. Namun, kondisi ini juga bisa menyerang mereka yang masih berusia muda.

Mengenali gejala asam urat sejak dini sangat penting agar penanganannya bisa dilakukan dengan tepat dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa ciri yang bisa menjadi indikasi bahwa kamu mungkin terkena asam urat di usia muda.

Gejala Asam Urat di Usia Muda

1. Nyeri Sendi Mendadak

Salah satu gejala paling umum dari asam urat adalah nyeri sendi yang datang secara mendadak, terutama di malam hari. Nyeri ini biasanya sangat intens dan seringkali terasa di jempol kaki, meskipun sendi lain seperti pergelangan kaki, lutut, dan tangan juga bisa terkena. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.

2. Pembengkakan dan Kemerahan

Selain nyeri, sendi yang terkena asam urat juga biasanya akan membengkak dan terlihat kemerahan. Pembengkakan ini disebabkan oleh peradangan akibat kristal asam urat yang menumpuk di dalam sendi. Kulit di sekitar sendi mungkin terasa hangat saat disentuh dan terlihat lebih berkilau atau mengkilap.

3. Keterbatasan Gerak

Akibat rasa sakit dan pembengkakan, sendi yang terkena asam urat seringkali mengalami keterbatasan gerak. Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menggerakkan sendi tersebut secara normal. Misalnya, jika asam urat menyerang jempol kaki, berjalan atau bahkan berdiri mungkin menjadi sangat menyakitkan dan terbatas.

4. Serangan Berulang

Asam urat biasanya datang dalam bentuk serangan yang berulang. Serangan pertama mungkin hanya berlangsung beberapa hari, tetapi tanpa pengobatan yang tepat, serangan berikutnya bisa menjadi lebih sering dan lebih parah. Kondisi ini dikenal sebagai gout kronis, yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi dan jaringan di sekitarnya.

BACA JUGA:  Apakah Nyeri Tumit Gejala Asam Urat? Ini Fakta dan Bedanya dengan Plantar Fasciitis

5. Tophi

Tophi adalah benjolan keras yang terbentuk di bawah kulit akibat penumpukan kristal asam urat. Benjolan ini biasanya muncul setelah bertahun-tahun mengalami serangan asam urat, tetapi dalam beberapa kasus, bisa muncul lebih cepat terutama jika kadar asam urat dalam darah sangat tinggi. Tophi umumnya muncul di sekitar jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, atau telinga.

Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Penyebab asam urat di usia muda bisa bervariasi, namun beberapa faktor risiko utama termasuk:

* Genetik: Jika ada riwayat keluarga yang menderita asam urat, kamu juga berisiko lebih tinggi.
* Diet: Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
* Obesitas: Berat badan berlebih dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkannya.
* Kondisi Medis Lain: Penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit ginjal dapat meningkatkan risiko terkena asam urat.

Pencegahan dan Pengobatan

Untuk mencegah asam urat, penting untuk menjalani gaya hidup sehat, termasuk:

* Diet Seimbang: Mengurangi konsumsi makanan tinggi purin dan memperbanyak asupan buah, sayuran, dan biji-bijian.
* Hidrasi yang Cukup: Minum banyak air untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urine.
* Olahraga Teratur: Menjaga berat badan ideal melalui aktivitas fisik yang teratur.
* Penghindaran Alkohol dan Rokok: Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol dan tidak merokok.

Jika kamu mengalami gejala asam urat, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Pengobatan biasanya melibatkan obat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta perubahan gaya hidup untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah.

Dengan mengenali ciri-ciri asam urat di usia muda dan mengambil langkah-langkah pencegahan, kamu bisa mengelola kondisi ini dengan lebih baik dan mencegah komplikasi jangka panjang. Tetaplah waspada terhadap gejala-gejala yang muncul dan jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika diperlukan.

BACA JUGA:  Nyeri Leher Belakang Benarkah Gejala Asam Urat? Begini Cara Mengatasinya

***

(ria/ria)

SUMBER: https://www.beautynesia.id/wellness/kenali-5-ciri-terkena-asam-urat-di-usia-muda-dan-cara-terbaik-pengobatannya-simak-yuk/b-290156

Tinggalkan Balasan