Posted on Leave a comment

7 Makanan yang Bisa Jadi Obat Asam Urat Alami dan Makanan Pantangan Asam Urat

Rabu, 15 Mei 2024 / 16:27 WIB

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID – Beberapa makanan yang bisa jadi obat asam urat alami paling ampuh bisa dicoba saat asam urat kambuh. Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Asam urat adalah penyakit keturunan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Itulah sebabnya, seseorang yang menderita asam urat seringkali memiliki orang tua atau saudara yang juga mempunyai asam urat.

Namun, kondisi genetis asam urat ini meski tidak bisa disembuhkan bisa dikendalikan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan obat asam urat alami dan makanan pantangan penderita asam urat.

Lantas, apa saja obat asam urat alami paling ampuh dan makanan pantangan penderita asam urat?

Obat asam urat alami yang berkhasiat

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping seperti dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan:

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi. Caranya yakni dengan merebus air yang sudah dicampur dengan satu sendok makan parutan jahe segar.

Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan jahe. Caranya, rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Kemudian diminum 3 cangkir sehari.

2. Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Bila ketiganya digabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

BACA JUGA:  7 Makanan Obat Alami Asam Urat dan Makanan yang Harus Dihindari

Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Anda bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

3. Seledri atau biji seledri

Seledri adalah sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer.

Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan, perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

4. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Namun, perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

Orang dengan penyakit ginjal perlu membicarakannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

5. Daun salam

Mengutip dari Grid.id, daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun salam juga bisa menjadi obat asam urat paling ampuh.

Namun, penderita asam urat tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Sebab, ada cara terbaik mengolah daun salam agar ampuh menurunkan asam urat tinggi.

Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat alami. Bahannya yakni 10-25 lembar daun salam dan tiga gelas air.

Cara membuatnya pun cukup mudah yakni cuci daun salam dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, rebus daun salam di dalam air mendidih hingga menyisahkan satu gelas air.

Anda bagi dua air rebusan daun salam tersebut. Anda minum air rebusan daun salam itu sebanyak dua kali sehari.

6. Secang

Selanjutnya, secang juga bisa menjadi obat alami asam urat. Secang mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak atsiri.

BACA JUGA:  Bolehkah Penderita Asam Urat Mengonsumsi Kacang-Kacangan dan Apa Dampaknya bagi Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus.

7. Meniran

Berikutnya, obat alami asam urat adalan meniran. Meniran mengandung Natrium dan Kalium akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air. Sehingga, kristal asam urat dalam darah bisa dikeluarkan sedikit demi sedikit.

Makanan pantangan asam urat

Jika Anda rentan terhadap serangan asam urat mendadak, hindari penyebab utamanya yakni makanan tinggi purin. Makanan yang termasuk tinggi purin adalah mengandung lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (100 gram).

Anda juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa, serta makanan purin sedang, yang mengandung 150-200 mg purin per 3,5 ons lantaran dapat memicu serangan asam urat.

Berikut adalah beberapa makanan pantangan penderita asam urat tinggi seperti dirangkum dari Healthline:

1. Semua jeroan seperti hati, ginjal, ampela, dan otak.
2. Daging hewan buruan, contohnya adalah daging rusa.
3. Ikan-ikan tertentu, di antaranya makarel, tuna, sarden, teri, dan banyak lagi.
4. Makanan laut, seperti kerang, kepiting, udang, dan telur.
5. Minuman manis yang mengandung tinggi gula terutama jus buah dan soda manis.
6. Minuman yang mengandung gula tambahan dan sirup jagung berfruktosa tinggi.
7. Ragi
8. Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan biskuit.

Meskipun diet sehat dapat membantu mengontrol berapa banyak asam urat dalam sistem Anda, Anda mungkin masih memerlukan obat untuk mencegah serangan di masa mendatang. Konsultasikan dengan dokter tentang semua pilihan pengobatan asam urat Anda.

Demikian, jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat (pantangan asam urat) dan makanan yang bisa jadi obat asam urat alami.

BACA JUGA:  7 Makanan yang Manjur Atasi Asam Urat, dari Pisang hingga Salmon

SUMBER: https://sehat.kontan.co.id/news/7-makanan-yang-bisa-jadi-obat-asam-urat-alami-dan-makanan-pantangan-asam-urat

Tinggalkan Balasan