Posted on Leave a comment

Aneka Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Catat ya!

Reporter: Rezki Wening Hayuningtyas
Editor: Rezki Wening Hayuningtyas
Selasa, 21 Mei 2024 | 16:00 WIB

MOMSMONEY.ID – Dalam mengelola asam urat dan kolesterol, memperhatikan lauk pauk sehari-hari adalah hal yang penting. Sebab ada beberapa makanan yang jadi pantangan dan ada pula yang baik untuk mengatasi kondisi ini. Lantas, apa saja lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol?

Menyadur dari laman Health Grid, di bawah ini adalah beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan:

1. Ayam Tanpa Kulit

Sebagai sumber protein rendah lemak, daging ayam, khususnya bagian yang tidak berkulit, bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang memicu peradangan. Bagian kulitnya yang kaya lemak jenuh harus dihindari.

2. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang rendah purin dan kaya nutrisi penting seperti vitamin D, esensial untuk kesehatan tulang. Telur bisa dikonsumsi secara moderat sebagai pilihan protein yang aman.

3. Tahu dan Tempe

Sumber protein nabati ini memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibanding daging merah, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa meningkatkan risiko serangan asam urat.

4. Ikan Omega-3 Tinggi

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan omega-3, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan memperkuat kesehatan jantung. Meski demikian, konsumsi harus dijaga dalam batas wajar karena tingginya purin pada beberapa jenis ikan bisa mempengaruhi kadar asam urat.

5. Sayuran Hijau

Sayuran seperti brokoli kaya serat dan vitamin, serta rendah purin, sangat baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan pencernaan serta kesehatan tubuh secara umum.

6. Kentang

Sebagai sumber karbohidrat rendah purin, kentang juga mengandung potasium yang mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh. Hindari menggoreng dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus atau membakar.

BACA JUGA:  6 Resep Masakan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Mudah dan Praktis

7. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang hijau, menyediakan serat dan protein yang mendukung keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh.

8. Buah-buahan Segar

Buah-buahan seperti ceri, stroberi, apel, dan pir, adalah camilan sehat yang menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar asam urat, terutama ceri.

Demikianlah beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan. Manakah yang ingin Anda coba setelah ini?

SUMBER: https://momsmoney.kontan.co.id/news/aneka-lauk-pauk-untuk-penderita-asam-urat-dan-kolesterol-catat-ya

Tinggalkan Balasan