Posted on Leave a comment

Bolehkah Penderita Asam Urat Mengonsumsi Kacang-Kacangan dan Apa Dampaknya bagi Kesehatan? Berikut Penjelasannya

LOMBOK INSIDER – Penting bagi penderita asam urat untuk memilih makanan dengan hati-hati guna mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah tentang aman atau tidaknya mengonsumsi kacang bagi penderita asam urat.

Secara umum, hampir semua jenis kacang dianggap aman dikonsumsi karena mengandung kadar purin yang rendah, yaitu kurang dari 50 miligram per porsi.

Menurut informasi yang dikutip dari Livestrong, kacang-kacangan seperti walnut hanya mengandung sekitar 7 mg purin per porsi.

Kandungan purin yang rendah ini dianggap tidak akan secara signifikan meningkatkan kadar asam urat, bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond dapat memberikan manfaat bagi penderita asam urat.

Sebuah studi pada penderita penyakit jantung koroner menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram kacang almond setiap hari selama 12 pekan  dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Manfaat serupa juga bisa dinikmati oleh orang yang sehat karena kacang-kacangan tidak hanya rendah purin tetapi juga kaya protein dan memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun demikian, meskipun kacang-kacangan dapat memberikan manfaat, penting untuk membatasi konsumsinya karena tingginya kandungan kalori dan lemak.

Cleveland Clinic merekomendasikan agar penderita asam urat tidak mengonsumsi lebih dari satu porsi kacang dalam satu waktu, yang setara dengan sekitar 28 gram atau satu genggam.

Dengan memahami informasi ini, penderita asam urat dapat membuat pilihan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka.

Selain menjaga pola makan, penting juga untuk mengikuti perawatan medis yang sesuai dan menjalani pengobatan untuk mengontrol dan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

BACA JUGA:  Apakah Makan Cokelat Pantangan buat Penderita Asam Urat?

Secara keseluruhan, meskipun kacang-kacangan termasuk dalam pilihan makanan yang relatif aman bagi penderita asam urat, disarankan untuk tetap membatasi konsumsi dan memilih variasi makanan yang seimbang.

Serta tak kalah penting untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapatkan rekomendasi yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan kesehatan individu.***

Khoirul Umam LI
Kamis, 27 Juni 2024 | 11:00 WIB

Editor: Khoirul Umam LI
Sumber: livestrong

SUMBER: https://www.lombokinsider.com/kesehatan/15512998539/bolehkah-penderita-asam-urat-mengonsumsi-kacang-kacangan-dan-apa-dampaknya-bagi-kesehatan-berikut-penjelasannya

Tinggalkan Balasan