Posted on Leave a comment

4 Ikan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Lifestyle – Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
22 May 2024 17:50

Jakarta, CNBC Indonesia – Penderita asam urat dilarang mengonsumsi makanan yang tinggi purin. Sebab purin merupakan biang kerok utama yang membuat asam urat kambuh.

Umumnya, tubuh membutuhkan purin untuk berfungsi normal. Namun kadar purin yang terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat.

Ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Berikut adalah paparannya:

1. Ikan teri

Ikan teri termasuk salah satu jenis ikan yang perlu diwaspadai oleh penderita asam urat. Meskipun bentuknya yang kecil, ikan ini mengandung purin yang tinggi.

Dikutip dari Very Well Health, 100 gram ikan teri mengandung hingga 239 miligram purin. Karena itu, mengonsumsi ikan teri dapat dengan mudah meningkatkan jumlah zat asam urat dan memperparah gejala nyeri.

2. Ikan sarden

Ikan sarden termasuk salah satu jenis ikan yang lezat dan banyak disukai orang. Apalagi ikan sarden juga ada dalam bentuk kalengan yang tinggal dipanaskan dan langsung dinikmati.

Namun, para penderita asam urat perlu menghindari ikan sarden. Karena setiap 100 gram ikan sarden mengandung hingga 210 miligram purin.

3. Ikan Tuna

Rasanya memang lezat, namun ikan tuna mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin B6, C, D, zat besi, dan asam lemak omega-3. Bagi penderita darah tinggi, ikan tuna perlu dihindari. Karena dalam 100 gram daging ikan tuna, mengandung hingga 257 miligram purin.

4. Ikan Trout

Pada 100 gram ikan trout mengandung sekitar 297 miligram purin. Karena itu, ikan trout termasuk jenis ikan yang tinggi purin. Selain tinggi purin, ikan trout juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi, dan perlu dihindari oleh penderita asam urat.

BACA JUGA:  8 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

SUMBER: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240522133640-33-540465/4-ikan-yang-pantang-dikonsumsi-penderita-asam-urat

Tinggalkan Balasan