Posted on Leave a comment

8 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Diana Rafika Sari
Sabtu, 25 Mei 2024 – 09:30 WIB

JAKARTA – Ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol harus rendah lemak juga purin. Pada dasarnya mengonsumsi ikan secara teratur memiliki beberapa manfaat kesehatan signifikan seperti sumber protein berkualitas, hingga meningkatkan kesehatan jantung, dan otak.

Penderita kolesterol dianjurkan konsumsi ikan kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kolesterol baik.

Sedangkan, penderita asam urat perlu memilih jenis ikan yang mengandung rendah purin. Ini karena purin yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, penderita asam urat harus menjaga pola makan keseluruhan.

Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Berikut ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol tinggi dilansir dari Medical News Today, Sabtu (25/4/2024).

1. Salmon

Salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Ikan mengandung protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Mackerel

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan makarel secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, meminimalkan ukuran pinggang, melindungi dari depresi, dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ikan jelas ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang.

3. Nila

Ikan nila mengandung rendah purin dan lemak yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan asam urat. Ikan jenis ini juga mengandung selenium yang tinggi dan dapat menangkal radikal masuk tubuh, dan mengurangi risiko penyakit terkait daya ingat seperti alzheimer.

BACA JUGA:  Kadar Asam Urat Normal Wanita Usia 40 Tahun, Cek Sekarang!

4. Trout

Trout mengandung protein, niasin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk fungsi otak dengan membantu memori, kinerja, dan perilaku serta membantu pertumbuhan dan perkembangan normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan ini mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi.

5. Ikan Cod

Cod adalah sumber protein yang bagus dengan sedikit lemak. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol. Selain itu, ikan jenis ini mengandung purin dalam kadar sedang, sehingga masih relatif aman jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

6. Tuna

Tuna tidak menurunkan kolesterol tinggi secara langsung. Hanya saja, ikan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Sarden

Konsumsi sarden secara rutin bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega 3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Linus Pauling Institute melaporkan bahwa 3 ons sarden menyediakan 45 gram EPA dan 74 gram DHA, menjadikannya salah satu sumber terbaik asam lemak esensial yang menyehatkan jantung.

8. Herring

Para peneliti menemukan bahwa ikan herring dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal, yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak.

Rutin konsumsi ikan ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dalam aliran darah, mengurangi tingkat pertumbuhan plak penyumbatan pembuluh darah, dan mencegah peradangan hingga pembentukan bekuan darah.

Pastikan untuk menghindari ikan yang digoreng atau dimasak dengan banyak minyak, karena hal ini dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam makanan. Lebih baik memilih ikan yang direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menjaga kandungan lemaknya tetap rendah.

BACA JUGA:  Rendah Purin, Ini 5 Jenis Ikan Lezat yang Ampuh untuk Kendalikan Asam Urat

(dra)

SUMBER: https://lifestyle.sindonews.com/read/1383217/155/8-ikan-yang-boleh-dimakan-penderita-asam-urat-dan-kolesterol-1716602700?showpage=all

Tinggalkan Balasan