Posted on Leave a comment

Rendah Purin, Ini 5 Jenis Ikan Lezat yang Ampuh untuk Kendalikan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta – Orang yang menderita asam urat umumnya harus menghindari makanan laut seperti seafood karena banyak di antaranya yang mengandung purin tinggi. Jika terus makan, terutama dalam jumlah banyak, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang berpotensi memicu gejala asam urat. Meskipun demikian, disayangkan bahwa seafood, termasuk ikan, merupakan sumber protein hewani yang bergizi tinggi.

Namun, ada beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya rendah. Berikut adalah daftar 5 jenis ikan dengan kadar purin rendah yang aman bagi penderita asam urat. Informasi ini dikumpulkan dari beberapa sumber pada Rabu (5/6/2024).

1. Ikan Kakap Merah

Menurut informasi yang dipublikasikan di situs halodoc.com, ikan kakap merah adalah salah satu varietas ikan rendah purin yang disarankan bagi individu yang mengalami masalah asam urat. Konsumsi ikan ini dalam takaran yang tepat tidak membawa risiko peningkatan kadar asam urat. Ikan kakap merah diketahui mengandung vitamin D dan memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Ikan Lele

Lele, jenis ikan air tawar berjenggot tunggal, merupakan spesies yang umum dijumpai dan terjangkau secara ekonomis. Ragam hidangan yang dapat disajikan, seperti pecel lele, diminati oleh berbagai kalangan. Selain cita rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau, lele termasuk ikan rendah purin yang cocok bagi penderita asam urat. Salah satu manfaat lainnya dari mengonsumsi lele adalah kemampuannya dalam memperkuat tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin D yang tinggi pada ikan ini.

3. Ikan Nila

Selenium yang tinggi terdapat pada ikan nila. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi dampak negatif dari paparan radikal bebas, menjaga kesehatan kelenjar getah bening, dan memperbaiki kondisi otak. Selain itu, ikan nila juga mengandung fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi bagi individu yang menderita asam urat.

BACA JUGA:  Habis 'Pesta' Daging, Coba Racik Jamu Rimpang yang Bisa Bantu Turunkan Level Kolesterol

4. Ikan Salmon

Hasil penelitian yang dimuat dalam Jurnal Arthritis & Rheumatology menunjukkan bahwa risiko serangan asam urat pada pasien dapat berkurang hingga 33 persen dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur. Sebagaimana dilaporkan oleh halodoc.com, hal ini dianggap lebih menguntungkan daripada mengonsumsi suplemen Omega-3 secara berkala. Selain itu, konsumsi salmon juga memiliki manfaat lain, termasuk meningkatkan kesehatan otak, paru-paru, jantung, dan sirkulasi darah.

5. Ikan Sidat

Di setiap 100 gram daging ikan sidat, terdapat kandungan nutrisi yang meliputi vitamin A, vitamin B1 & B2, vitamin C, karbohidrat, protein, zinc, kalsium, serta omega-3. Seperti halnya pada ikan salmon, omega-3 yang ada dalam ikan sidat juga memiliki manfaat dalam mencegah masalah gout atau asam urat. Tidak hanya itu, ikan ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai gangguan kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung, tingkat kolesterol, dan diabetes.

Lauk Apa yang Cocok untuk Penderita Asam Urat?

Orang yang mengalami masalah asam urat bisa memilih daging ayam sebagai alternatif lauk. Namun, lebih disarankan untuk memilih daging ayam tanpa kulit guna mengurangi lemak jenuh yang bisa memicu peradangan.

Apakah Telur Rebus Baik untuk Asam Urat?

Anda diizinkan untuk memakan telur. Namun, disarankan untuk tidak melebihi batas yang telah ditentukan, yaitu hanya empat butir telur dalam sepekan. Pengolahannya pun sebaiknya tidak dengan cara digoreng, melainkan dengan merebus, mengukus, atau menumis agar kadar lemak dalam telur tetap terjaga.

Apakah Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Gorengan?

Data yang dirilis oleh PLoS One menyatakan bahwa peningkatan kolesterol dalam tubuh dapat mengakibatkan peningkatan asam urat di sendi. Selain makanan digoreng, makanan lain dengan kandungan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari termasuk makanan cepat saji, seafood, dan jeroan.

BACA JUGA:  6 Resep Masakan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Mudah dan Praktis

Apakah Jagung Manis Aman untuk Penderita Asam Urat?

Berdasarkan kutipan dari situs Marham, jagung mengandung serat yang tinggi sehingga diyakini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Apakah Buncis Mengandung Purin Tinggi?

Sejumlah variasi pangan menawarkan protein tumbuhan yang dapat memberikan manfaat bagi individu yang mengalami masalah asam urat, seperti kacang hijau, kacang panjang, serta biji lentil. Jenis makanan yang masuk dalam golongan legum ini memiliki kadar purin yang rendah, bahkan mampu memberikan perlindungan terhadap kekambuhan asam urat.

Eka Fadhila Kharisma Putri
Diperbarui 05 Jun 2024, 16:51 WIB

SUMBER: https://www.fimela.com/food/read/5560796/rendah-purin-ini-5-jenis-ikan-lezat-yang-ampuh-untuk-kendalikan-asam-urat

Tinggalkan Balasan