Posted on Leave a comment

Makan Kacang Mede Bagi Penderita Asam Urat, Apakah Aman? Ini Penjelasannya

Benarkah orang yang menderita asal urat dilarang makan kacang mede?

Asam urat merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan. Jika asam urat kambuh, biasanya penderita akan menimbulkan gejala nyeri, pembengkakan, dan rasa panas pada area persendian.

Di kalangan masyarakat banyak beredar mitos soal larangan bagi penderita asam urat untuk mengonsumsi kacang-kacangan terlebih kaca mede. Banyak yang percaya jika kacang mede menyebabkan orang terkena asam urat.

Benarkah orang yang menderita asal urat dilarang makan kacang mede?

Dilansir dari situs Kesehatan Halodoc, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin antara 150 hingga 825 miligram purin per 100 gram. Ada beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan purin.

Mulai dari makanan laut seperti kerang, sarden, ikan cod, sampai beberapa jenis daging seperti ayam kalkun. Asupan dari makanan yang mengandung 50 miligram sampai 150 miligram purin setiap 100 gram masih termasuk sebagai makanan dengan kadar purin sedang.

Ketika berbicara mengenai kacang mede, sebenarnya hanya memiliki kadar purin di bawah 50 miligram per 100 gram. Artinya, kacang mede tidak memiliki kadar purin yang tinggi.

Penelitian yang dipublikasikan pada British Journal of Nutrition pada 2007 silam juga menunjukkan hasil menarik. Studi ini menjelaskan bahwa para partisipan studi yang mengonsumsi kacang mede dengan porsi 20 persen kalori hariannya tidak mengalami lonjakan kadar asam urat dalam darah.

Maka, dapat disimpulkan bahwa kacang mede sebenarnya aman untuk dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Namun, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Cara Konsumsi Kacang Mede bagi Penderita Asam Urat

Sementara itu, menurut University of Pittsburgh Medical Center, diet asam urat harus mencakup sekitar 6 ons makanan kaya protein seperti kacang mede setiap hari. Selain itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) juga mengatakan kalau setengah ons kacang setara dengan porsi protein 1 ons.

BACA JUGA:  Apakah Makan Cokelat Pantangan buat Penderita Asam Urat?

Apabila penderita asam urat ingin mengonsumsi kacang mete, pastikan memilih kacang mete yang dipanggang kering dengan minyak. Sebab, proses pengolahannya dapat membantu menjaga asupan lemak dan kalori kacang mede tetap rendah.

Selain itu, pilihlah kacang tawar. Sebab, satu ons atau 29 gram kacang mete panggang kering asin dapat mengandung 181 miligram sodium atau 12 persen dari batas harian 1500 miligram untuk orang yang diet rendah sodium.

Konsumsi kacang mede dengan tambahan garam diketahui berisiko memicu terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Makanan yang Aman Penderita Asam Urat

Studi lain menunjukkan bahwa makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh.

Selain kacang mete, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan lain bagi pengidap asam urat:

Buah-buahan tinggi vitamin C seperti kiwi dan jeruk dapat bantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini terjadi karena vitamin C dapat menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya bersama urine.

Sayuran. Penting untuk cermat dalam memilih sayuran apa yang akan dikonsumsi. Sebab, beberapa jenis sayuran seperti bayam dan asparagus mengandung kadar purin tinggi.

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/amankah-pengidap-asam-urat-untuk-makan-kacang-mede

Kamis, 20 Jun 2024 15:01:00

Editor: Syifa Hanifah
Reporter: Syifa Hanifah

SUMBER: https://www.merdeka.com/cek-fakta/makan-kacang-mede-bagi-penderita-asam-urat-apakah-aman-ini-penjelasannya-153398-mvk.html

Tinggalkan Balasan