Posted on Leave a comment

Masih Bisa Makan Enak, 5 Makanan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Blanka Rahel Maretha Joanne
Jumat, 31 May 2024 10:30 WIB

Bagi kamu penderita asam urat, pasti dihantui rasa khawatir akan rasa nyeri yang bisa datang kapan pun.

Dilansir dari detikBali, asam urat dalam tubuh dapat meningkat salah satunya karena tingginya konsumsi makanan yang mengandung purin. Purin sebenarnya zat yang sudah ada dalam tubuh (85%) dan penting untuk pencernaan makanan.

Maka dari itu, kalau tubuh kita kelebihan purin dari makanan yang dikonsumsi, hal ini justru bisa meningkatkan kadar asam urat pada urin hingga 0,5-0,75 g/ml. Jadi, nggak heran kalau kamu pasti harus selektif dalam memilih makanan.

Tapi, jangan khawatir! Masih banyak pilihan makanan enak yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Banyak nutrisi dan bergizi tentunya! Nah, apa saja ya?

1. Buah Ceri

Buah ceri sudah lama dikenal sebagai makanan penangkal asam urat. Kandungan vitamin C dan kaliumnya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah pembentukan kristal urat yang memicu serangan.

Dikutip dari detikhealth, buah ini juga punya kandungan zat antosianin yang bisa membantu mengurangi asam urat dan meredakan gejala bengkak dan nyeri. Kamu bisa konsumsi buah ceri segar, jus ceri tanpa gula tambahan, atau suplemen ceri sesuai anjuran dokter.

2. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak, terutama susu sapi, memiliki kandungan purin yang rendah dan kaya akan kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Purin yang terkandung hanya sekitar 12-15 mg per 240 ml, jauh lebih rendah dibandingkan dengan jeroan atau daging merah.

Nggak hanya menurunkan kadar asam urat, susu rendah lemak juga bisa membantu mengeluarkan kadar asam urat lebih banyak lewat urine.

BACA JUGA:  7 Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat, Meski Enak Yuk Hindari!

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli merupakan sumber vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, fosfor, antioksidan dan magnesium yang baik. Nutrisi ini membantu tubuh memproses dan mengeluarkan asam urat dengan lebih efektif.

Kamu bisa konsumsi sayur hijau dari salad, tumisan, atau sup untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, tetap perhatikan porsinya ya!

4. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu mengontrol kadar asam urat. Kandungan senyawa antimikroba dalam oatmeal juga dipercaya membantu melawan peradangan akibat asam urat.

Pilih oatmeal gandum utuh dan sajikan dengan buah-buahan atau kacang-kacangan untuk sarapan sehat dan mengenyangkan.

5. Ikan Berlemak

Ikan yang dimaksud adalah ikan salmon, sarden, dan makarel yang punya kandungan asam lemak omega-3 yang bersifat anti-inflamasi. Konsumsi ikan berlemak secara teratur bisa membantu mengurangi peradangan sendi dan menurunkan kadar asam urat.

Pastikan memilih ikan yang dimasak dengan cara sehat seperti dipanggang, dikukus, atau direbus.

Nah Beauties, itu dia sederet makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tetap bisa makan enak bukan?

***

(ria/ria)

SUMBER: https://www.beautynesia.id/wellness/masih-bisa-makan-enak-5-makanan-ini-aman-dikonsumsi-penderita-asam-urat/b-290273

Tinggalkan Balasan