Posted on Leave a comment

6 Makanan Terlarang Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Tinggi Purin!

Devi Pattricia, Okezone · Rabu 08 Mei 2024 11:30 WIB

ASAM urat memang kerap kali terjadi pada kelompok usia lanjut. Namun jangan salah! Kini sudah taka sing lagi juga dirasakan oleh orang-orang di kelompok usia muda loh! Ya, tak pandang usia, asam urat bisa menghinggapi apabila tidak menjaga pola makan sehari-hari.

Asam urat merupakan kondisi yang menimbulkan gejala nyeri hebat pada beberapa bagian tubuh dan juga disertai adanya pembengkakan. Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi menyebabkan meningkatkan asam urat dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka asam urat dapat mengkristal dan menimbulkan sejumlah risiko kesehatan.

Oleh karenanya, beberapa makanan tinggi purin yang bisa picu meningkatnya kadar asam urat ini terlarang bagi para penderita asam urat. Apa saja makanan tersebut? Berikut uraian singkatnya, sebagaimana dihimpun dari Web MD dan Health UMMS, Rabu (8/5/2024)

1. Daging organ atau jeroan : Hindari konsumsi daging organ atau jeroan seperti hati, ginjal dan jantung. Sebab jeroan mengandung purin yang sangat tinggi. Jika Anda penggemar jeroan, maka Anda sebaiknya konsumsi dalam waktu yang jarang dan dalam porsi yang sedikit saja. Tetapi lebih baik jika benar-benar mulai konsisten membatasi konsumsi makanan tersebut.

2. Seafood: Para penggemar seafood sebaiknya hati-hati jika mengkonsumsi terlalu banyak makanan seafood seperti lobster, kepiting, udang, kerang yang tinggi purin. Selain itu, ikan-ikanan seperti sarden, ikan teri, ikan cod, herring, haddock, dan trout, juga mengandung purin yang tinggi loh!

3. Minuman manis: Segar, enak apalagi disajikan dingin. Namun, beberapa penelitian membuktikan adanya hubungan antara hiperurisemia, asam urat dengan konsumsi gula berlebih. Sebab purin juga ditemukan dalam sirup jagung fruktosa tinggi, yang bisa menyebabkan peningkatan endapan kristal dan gejala terkaitnya.

BACA JUGA:  Konsumsi Susu Bisa Memperburuk Asam Urat?

4. Daging merah: Daging sapi, babi, domba, bacon, daging sapi muda mengandung purin yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya membatasi makan daging merah. Kalaupun menginginkannya, cukup makan porsi kecil dan tidak terlalu sering.

5. Buah tinggi fruktosa: Beberapa buah punya kandungan fruktosa alami yang tinggi seperti apel, jeruk, dan kurma. Buah tipe ini disebut bisa memperburuk kondisi asam urat.

6. Minuman beralkohol: Minuman beralkohol, khususnya bir, dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Ketika tubuh memproses alkohol, hal itu meningkatkan kadar asam urat. Sebab, bir mengandung purin yang tinggi.

SUMBER: https://lifestyle.okezone.com/read/2024/05/08/298/3005855/6-makanan-terlarang-dikonsumsi-penderita-asam-urat-tinggi-purin

Tinggalkan Balasan