Posted on Leave a comment

Benarkah Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Libido? Ini Penjelasan Medisnya

Jakarta – Hari Raya Idul Adha adalah momen ketika umat Muslim melakukan ibadah kurban. Ibadah tersebut dilakukan dengan cara membeli kambing atau sapi, kemudian dagingnya akan dibagikan. Kambing termasuk salah satu hewan yang banyak dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha.

Pada momen tersebut, kerap dijumpai warga yang “mengamankan” bagian-bagian potongan kurban yang dianggap penting. Salah satunya adalah bagian torpedo kambing, bagian yang dianggap dapat meningkatkan gairah atau libido. Bagaimana faktanya?

Spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, mengatakan mengonsumsi torpedo kambing untuk meningkatkan gairah seksual atau libido sampai saat ini tak ada bukti ilmiahnya alias mitos. Menurutnya, hal ini kemungkinan merupakan sugesti seseorang yang mengonsumsi bagian kambing tersebut.

“Sama seperti jeroan lainnya torpedo mengandung kolesterol dan senyawa purin yg tidak berhubungan dengan libido,” imbuhnya saat dihubungi detikcom, Selasa (11/6/2024).

dr Aru mengatakan, justru kandungan yang ada di dalam daging, seperti kolesterol dan senyawa purin, bisa meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Karena itu, ia mengimbau orang yang mengidap kondisi tersebut untuk tak berlebihan mengonsumsinya.

Terlebih jika pengidap memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang tak terkontrol, sebaiknya hindari mengonsumsi jeroan, termasuk torpedo kambing.

“Pengidap sebaiknya dihindari terutama bila dimasak dengan santan, terlalu berminyak atau pemakaian garam yang banyak. Tetapi masih bisa dikonsumsi cuma harus hati-hati dan tidak berlebihan,” imbuhnya.

“Bila pengidap kolesterol sebaiknya mengkonsumsi obat-obatan secara rutin dan jangan lupa periksa kadar kolesterol dan urat sebulan sekali bila tinggi,” lanjutnya lagi.

Leher pegal tandanya kolesterol tinggi?

Dalam keseharian, banyak orang meyakini leher pegal merupakan tanda-tanda kolesterol meningkat. Faktanya, dikutip dari Healthline, kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apapun, tetapi diam-diam bisa memicu kondisi fatal seperti serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA:  Dampak Tidak Sengaja Makan Semut

Kondisi fatal terjadi ketika kadar kolesterol yang tinggi membentuk plak di pembuluh darah arteri. Plak tersebut memicu penyempitan dan menghambat aliran darah yang bisa berdampak pada komplikasi serius.

Satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol adalah dengan tes darah. Kadar kolesterol di atas 200 mg/dL dikategorikan tinggi dan membutuhkan penanganan agar tidak memburuk.

Suci Risanti Rahmadania
Senin, 17 Jun 2024 06:04 WIB

SUMBER: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7394510/benarkah-torpedo-kambing-bisa-tingkatkan-libido-ini-penjelasan-medisnya

Tinggalkan Balasan