Posted on Leave a comment

7 Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Salah Satunya Mager!

Jika dulu kita mengira bahwa penyakit asam urat sebagai penyakit orang tua, namun tidak dengan sekarang. Saat ini seringkali kita mendengar ada begitu banyak anak muda yang terserang penyakit asam urat.

Mengutip dari Tan Tock Seng Hospital, banyak pria remaja di usia 20-an dan 30-an yang terjangkit penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang kurang aktif dan pola makan yang banyak mengonsumsi minuman kaya fruktosa dan makanan tinggi purin seperti daging merah.

Dr Faith Chia Li-ann, konsultan senior di Departemen Rematologi, Alergi dan Imunologi Rumah Sakit Tan Tock Seng mengatakan, bahwa mengidap asam urat di usia muda bisa menimbulkan banyak dampak.

“Serangan asam urat sangat menyakitkan dan menghambat aktivitas, sehingga dapat mengganggu waktu di sekolah atau kemampuan untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik,” kata Dr Chia.

Lantas, apa saja penyebab asam urat yang sering terjadi di usia muda? Dilansir dari detikHealth, berikut informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Riwayat Keluarga

Jika bukan karena faktor usia, bisa jadi penyakit asam urat yang terjadi disebabkan oleh faktor genetik. Karena risiko asam urat akan meningkat pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit serupa.

2. Pola Makan Tinggi Purin

Salah satu penyebab maraknya penyakit asam urat di usia muda adalah karena pola makan yang tinggi purin.

Beberapa makanan yang tinggi purin ialah daging merah, jeroan, makanan laut seperti kerang dan udang. Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung purin dapat memicu tubuh memproduksi asam urat yang semakin banyak.

Meskipun beberapa makanan tersebut merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

BACA JUGA:  8 Sayuran Hijau yang Bisa Sebabkan Asam Urat

3. Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, terutama yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) dapat meningkatkan risiko asam urat.

Dr Chia mengatakan, bahwa fruktosa dimetabolisme secara berbeda dari gula lainnya. Ketika tubuh memecahnya, senyawa kimia yang merupakan prekursor asam urat dilepaskan.

“Fruktosa juga dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas, yang juga berkorelasi dengan kadar asam urat yang tinggi,” kata Dr Chia.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir juga dapat meningkatkan risiko asam urat.

4. Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih atau obesitas menjadi penyebab tinggi asam urat di usia muda. Orang yang memiliki berat badan berlebih akan menghasilkan lebih banyak asam urat, dan ginjal lebih sulit mengendalikan asam urat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, semakin berat seseorang, semakin besar risiko terkena asam urat.

5. Kurang Aktivitas Fisik

Gaya hidup rebahan atau mager (malas gerak) seperti zaman sekarang dapat faktor pemicu asam urat. Duduk dalam waktu yang lama atau kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga risiko terserang asam urat semakin rendah.

6. Kondisi Medis

Penyakit atau beberapa kondisi medis tertentu juga ternyata juga dapat meningkatkan risiko terserang asam urat. Misalnya yang mengalami penyakit jantung bawaan, ginjal, sindrom metabolik, down syndrome, dan sindrom Lesch-Nyhan.

7. Pasca-Operasi

Selain beberapa penyebab di atas, orang yang baru saja menjalani operasi juga memiliki risiko lebih besar mengalami asam urat yang tinggi.

Beauties, itu dia beberapa penyebab asam urat di usia muda. Yuk, hindari!

***

BACA JUGA:  Benarkah Makan Kangkung Bisa Memperparah Asam Urat?

(ria/ria)

Ade Irma Suryani
Rabu, 12 Jun 2024 10:30 WIB

SUMBER: https://www.beautynesia.id/wellness/7-penyebab-asam-urat-di-usia-muda-salah-satunya-mager/b-290777

Tinggalkan Balasan