Posted on Leave a comment

10 Cara Menghilangkan Asam Urat di Leher, Apakah Cukup dengan Dipijat?

Asam urat yang menumpuk di leher dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Ratnaningtyas Winahyu – Selasa, 4 Juni 2024 | 18:00 WIB

GridHEALTH.id – Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dalam tubuh, biasanya di sendi-sendi seperti lutut, jari-jari tangan, dan pergelangan kaki.

Namun, selain itu, asam urat juga dapat menumpuk di leher.

Asam urat yang menumpuk di leher dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Apakah asam urat di leher bisa sembuhkan? Jawabannya tentu bisa.

Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti.

Cara mengatasi asam urat di leher

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa cara efektif untuk menghilangkan asam urat di leher dan meringankan gejalanya.

1. Minum air putih yang cukup

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, proses pengeluaran asam urat dari tubuh juga lebih efisien.

Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu mengencerkan asam urat dan mendorongnya keluar dari tubuh.

2. Hindari makanan tinggi purin [untuk menghilangkan asam urat di leher]

Makanan tinggi purin, seperti daging merah, hati, seafood, dan minuman beralkohol, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Mengurangi konsumsi makanan-makanan ini atau menghindarinya sepenuhnya dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan mengurangi risiko penumpukan di leher.

3. Konsumsi makanan yang diketahui meringankan asam urat

Beberapa makanan dikenal dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, seperti buah-buahan beri, ceri, apel, serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

Konsumsi makanan-makanan ini secara teratur dapat membantu menghilangkan asam urat di leher.

4. Rajin berolahraga

Olahraga secara teratur tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga dapat membantu menghilangkan asam urat.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Asam Urat (Gout) Hingga Cara Mengobatinya

Pilihlah jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan berlebihan pada sendi, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

5. Hindari stres dan cemas

Stres dan cemas dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Cobalah teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk mengurangi stres dan cemas, sehingga membantu mengontrol kadar asam urat.

6. Konsumsi suplemen yang direkomendasikan [untuk menghilangkan asam urat di leher]

Beberapa suplemen seperti vitamin C, magnesium, dan omega-3 diketahui dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai untuk mengatasi asam urat di leher.

7. Terapi panas atau dingin

Menerapkan terapi panas atau dingin pada area leher yang terkena asam urat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Gunakan kompres panas atau dingin sesuai dengan preferensi Anda untuk meredakan gejala.

8. Konsumsi herbal atau obat tradisional [untuk menghilangkan asam urat di leher]

Beberapa herbal atau obat tradisional seperti daun salam, jahe, atau temulawak diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi gejala asam urat di leher.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan herbalis atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi herbal atau obat tradisional.

9. Perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat

Mengatur pola makan yang sehat dan mengadopsi gaya hidup sehat secara umum dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol berlebihan.

Jangan lupa juga usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

10. Konsultasi dengan dokter

Jika gejala asam urat di leher Anda terus berlanjut atau semakin parah meskipun telah mencoba berbagai cara mengatasi di atas, segera konsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA:  Awas Idul Adha Malah Sakit Asam Urat, Ini Jus Buah Pereda Asam Urat

Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi asam urat dan mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Asam urat di leher dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengikuti langkah-langkah di atas, seperti memerhatikan pola makan, hidrasi yang cukup, berolahraga, dan mengelola stres, dapat membantu menghilangkan asam urat di leher dan meringankan gejalanya.

Tetaplah konsisten dengan perubahan gaya hidup sehat dan berkonsultasilah dengan dokter secara teratur untuk memantau kondisi asam urat Anda.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengendalikan asam urat dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi asam urat di leher.

Semoga bermanfaat! (*)

SUMBER: https://health.grid.id/read/354097924/10-cara-menghilangkan-asam-urat-di-leher-apakah-cukup-dengan-dipijat?page=all

Tinggalkan Balasan