Posted on Leave a comment

5 Vitamin dan Suplemen untuk Mengatasi Asam Urat, Mau Coba?

Selasa, 14 Mei 2024 / 08:57 WIB

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID – Ada berabagai pilihan vitamin dan suplemen untuk mengatasi asam urat yang bisa dijadikan alternatif. Selain itu, menjaga asupan makanan juga penting diperhatikan untuk bisa mengatasi asam urat tinggi.

Penyakit asam urat sendiri mulanya timbul karena adanya penumpukan kristal asam urat pada persendian dan jaringan dalam tubuh.

Tak sedikit penderita asam urat juga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa hingga membengkak dan mengganggu aktivitas. Umumnya, bengkak akibat asam urat sendiri itu muncul di area persendian.

Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan berolahraga juga menjadi faktor penting untuk mencegah tubuh terkena penyakit asam urat tinggi.

Lantas apa saja vitamin dan suplemen untuk mengatasi asam urat?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa rekomendasi vitamin dan suplemen yang bisa mengatasi asam urat:

1. Ekstrak bromelain

Bromelain merupakan ekstrak tanaman nanas yang dipercaya memiliki sifat anti inflamasi. Ini sering digunakan untuk mengobati radang sendi, sinusitis, dan jenis peradangan lainnya termasuk asam urat.

Saat ini, penelitian masih sangat terbatas. Di masa depan, lebih banyak penelitian mungkin mengungkap manfaat bromelain untuk membantu penderita peradangan asam urat.

2. Suplemen minyak ikan

Para ahli sering merekomendasikan asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam suplemen minyak ikan, untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun suplemen ini mungkin juga bermanfaat bagi penderita asam urat karena dapat mengurangi peradangan, yang merupakan ciri utama dari kondisi ini.

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa tidak makan ikan saja? Beberapa jenis ikan mengandung bahan kimia yang disebut purin dalam jumlah lebih tinggi, yang dapat memperburuk asam urat karena cenderung meningkatkan kadar asam urat Anda. Tapi minyak ikan yang telah disuling dengan baik seharusnya tidak mengandung purin ini.

BACA JUGA:  Cek Daftarnya! Inilah Obat Tradisional untuk Asam Urat yang Bisa Anda Coba

3. Jahe

Sebuah studi tahun 2017 meneliti potensi pereda nyeri dari jahe merah. Para peneliti menemukan bahwa kompres yang dibuat dengan jahe merah dapat meringankan beberapa rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat.

Namun, penelitian ini kecil dan sangat terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang potensi jahe sebagai pengobatan asam urat.

4. Ekstrak daun jambu biji

Jambu biji dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Beberapa orang beralih ke ekstrak daun jambu biji karena manfaatnya bagi sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji ini juga memiliki sifat anti asam urat yang bisa membantu meredakan peradangan.

5. Milk Thistle

Bisakah beberapa kapsul milk thistle membantu Anda? Juga dikenal sebagai Silybum marianum, milk thistle telah dipelajari sebagai kemungkinan pengobatan kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa pengobatan kanker.

Penelitian lain, termasuk penelitian tahun 2016 ini, menunjukkan bahwa ini mungkin juga berguna dalam menurunkan kadar asam urat. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian karena penelitian yang ada adalah penelitian pada hewan.

6. Kunyit

Anda mungkin mengetahui kunyit ini karena warna kuning khas yang diberikannya pada makanan. Banyak orang sudah mengandalkan suplemen kunyit untuk meredakan peradangan akibat radang sendi dan asam urat.

Sebuah studi terbaru meneliti potensi anti asam urat dari kunyit. Para peneliti menyimpulkan bahwa sediaan yang mengandung nanopartikel kunyit menjanjikan dalam menurunkan kadar asam urat pada penderita asam urat.

SUMBER: https://sehat.kontan.co.id/news/5-vitamin-dan-suplemen-untuk-mengatasi-asam-urat-mau-coba

Tinggalkan Balasan