Posted on Leave a comment

8 Cara Menghilangkan Asam Urat di Leher

Gemapos.ID (Jakarta) – Asam urat adalah produk akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang biasanya dikeluarkan melalui urine. Namun, jika produksi asam urat berlebihan atau tubuh tidak mampu mengeluarkannya dengan efisien, kristal asam urat dapat terbentuk dan menumpuk di persendian atau jaringan tubuh lainnya, termasuk di leher. Penumpukan kristal asam urat ini dapat menyebabkan nyeri dan peradangan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengurangi asam urat di leher:

1. Mengatur Pola Makan

Diet memainkan peran penting dalam mengelola kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa langkah yang bisa diambil antara lain:

Hindari Makanan Tinggi Purin: Beberapa makanan seperti daging merah, jeroan, makanan laut, dan beberapa jenis ikan (sarden, makarel) mengandung purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat.

Konsumsi Buah dan Sayuran: Buah-buahan seperti ceri, stroberi, dan sayuran hijau dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Batasi Alkohol dan Minuman Manis: Alkohol, terutama bir, serta minuman manis yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan produksi asam urat.

2. Hidrasi yang Cukup

Minum banyak air dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urine. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air per hari untuk membantu menjaga kadar asam urat tetap normal.

3. Obat-Obatan

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup, obat-obatan mungkin diperlukan. Beberapa obat yang dapat diresepkan oleh dokter termasuk:

* Allopurinol: Mengurangi produksi asam urat dalam tubuh.
* Colchicine: Mengurangi peradangan akibat kristal asam urat.
* NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs): Seperti ibuprofen, untuk mengurangi nyeri dan peradangan.

4. Hindari Stres dan Aktifitas Berat

Stres dan aktivitas fisik yang berlebihan dapat memicu peningkatan kadar asam urat. Cobalah untuk menjaga stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Asam Urat di Betis, Jangan Sembarangan Dikompres!

5. Kompres Hangat atau Dingin

Mengompres leher dengan kompres hangat atau dingin dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Kompres hangat membantu melancarkan aliran darah dan meredakan kekakuan, sementara kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan.

6. Pijat dan Terapi Fisik

Pijat leher yang lembut dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu mengurangi penumpukan asam urat. Terapi fisik dengan seorang profesional juga bisa membantu dalam memperkuat otot leher dan meningkatkan mobilitas.

7. Suplementasi dan Herbal

Beberapa suplemen dan herbal dapat membantu mengurangi kadar asam urat, seperti:

* Ekstrak biji seledri: Telah diketahui membantu menurunkan kadar asam urat.
* Kunyit dan Jahe: Memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

8. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar asam urat. Menjaga berat badan ideal melalui diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko penumpukan asam urat di leher dan bagian tubuh lainnya.

Mengatasi penumpukan asam urat di leher memerlukan pendekatan yang holistik, termasuk perubahan gaya hidup, pengaturan pola makan, hidrasi yang cukup, dan pengobatan yang tepat. Jika Anda mengalami nyeri leher yang diduga disebabkan oleh asam urat, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rencana perawatan yang sesuai. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup Anda.(pa)

oleh Ria Aprilia
24 June 2024 17:22

SUMBER: https://www.gemapos.id/23061/8-cara-menghilangkan-asam-urat-di-leher

Tinggalkan Balasan