Posted on Leave a comment

Apakah Daun Kelor Baik untuk Penderita Asam Urat? Ini Penjelasannya

Jakarta,– Daun kelor merupakan obat herbal yang kerap digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, apakah daun kelor baik untuk penderita asam urat? Ternyata, konsumsi daun kelor baik untuk penderita asam urat.

Bahkan, bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh jika digunakan secara teratur. Meskipun begitu, daun kelor tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya pengobatan untuk asam urat karena penggunaannya perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk itu, simak penjelasan dan manfaat rebusan daun kelor lainnya berikut ini.

Apakah daun kelor baik untuk penderita asam urat?

Ternyata, daun kelor baik untuk penderita asam urat. Menurut penelitian di dalam Indonesian Journal of Medicine pada tahun 2021, pemberian ekstrak etanol pada daun kelor selama 28 hari bisa menurunkan kadar asam urat pada tikus.

Kandungan ini dapat menghambat kerja enzim xantin oksidase sehingga tidak bisa mengubah hipoxantin menjadi asam urat, sehingga kadar asam urat akan berkurang. Untuk diketahui, enzim xantin oksidase sendiri merupakan enzim yang berfungsi untuk mengkatalisis hipoxantin menjadi xantin secara berturut-turut hingga akhirnya menjadi asam urat.

Selain itu, kandungan flavonoid pada daun kelor, seperti quercetin dan kaempferol, dapat mengurangi stres oksidatif pada sel-sel tubuh. Kandungan ini kemudian dapat meningkatkan fungsi ginjal sehingga ginjal tidak akan memproduksi asam urat secara berlebihan.

Akibatnya, kadar asam urat di dalam tubuh akan lebih seimbang. Daun pohon kelor juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

Konsumsi daun kelor juga sudah terbukti dapat meningkatkan laju filtrasi glomerulus, yang bisa membantu ginjal mengeluarkan penumpukan zat di dalamnya dengan lebih cepat. Akibatnya, aktivitas urine meningkat dan penumpukan zat di dalam ginjal dapat berkurang.

BACA JUGA:  Apakah Asam Urat Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Peningkatan laju filtrasi glomerulus ternyata juga bisa berdampak positif pada penurunan kadar asam urat di dalam tubuh.

Meskipun penelitian ini hanya menggunakan tikus sebagai modelnya, konsumsi daun kelor mungkin bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat pada manusia. Untuk itu, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini sangat diperlukan.

Manfaat rebusan daun kelor

Daun kelor bisa dikonsumsi dalam beberapa cara, termasuk dengan merebusnya dan meminum air rebusannya. Ternyata, konsumsi daun kelor secara teratur tidak hanya akan berdampak positif pada kadar asam urat di dalam tubuh karena memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Dilansir dari WebMD, ada beberapa manfaat rebusan daun kelor untuk kesehatan, seperti:

* Mengurangi gejala rheumatoid arthritis, seperti inflamasi, kemerahan, dan rasa nyeri
* Menurunkan kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes
* Memperlambat perkembangan sel kanker pankreas dan meningkatkan efektivitas kemoterapi
* Mengurangi tekanan dan inflamasi pada otak sehingga akan berdampak positif pada daya ingat

Memahami apakah daun kelor baik untuk penderita asam urat sangatlah penting sebelum Anda mulai mengonsumsinya secara teratur. Air rebusan daun kelor umumnya aman untuk dikonsumsi setiap hari dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius.

Meskipun begitu, Anda tetap diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum daun kelor setiap hari karena mungkin akan menyebabkan efek samping tertentu untuk kesehatan. ***

Sumber: kompas.com

Redaksi Kaili Post
Rabu, 3 Juli 2024

SUMBER: https://kailipost.com/2024/07/apakah-daun-kelor-baik-untuk-penderita-asam-urat-ini-penjelasannya.html

Tinggalkan Balasan