Posted on Leave a comment

5 Khasiat Daun Kemangi untuk Redakan Asam Urat dan Kolesterol

Azzahra Ilka Aulia
Diperbarui 19 Mei 2024, 07:00 WIB

Fimela.com, Jakarta – Ketika menikmati ayam goreng, kelezatannya akan bertambah jika disertai dengan daun kemangi.

Daun ini biasanya disajikan sebagai lalapan dan juga dapat diolah menjadi hidangan yang menggugah selera.

Sebagai anggota keluarga daun mint dengan nama ilmiah Ocimum basilicum, daun kemangi memiliki aroma khas yang dapat meningkatkan cita rasa masakan.

Oleh karena itu, tidak heran jika daun ini sering digunakan dalam masakan Italia.

Selain memperkaya aroma dan rasa, daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol.

Anda bisa mengonsumsi daun kemangi dalam keadaan mentah ataupun setelah diolah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daun kemangi yang dikutip dari berbagai sumber pada tanggal (17/5).

Mencegah Penyakit Kanker

Kemangi memiliki manfaat luar biasa dalam mencegah timbulnya kanker.

Ini disebabkan oleh kehadiran antioksidan yang melimpah di dalamnya dan efektif dalam menangkal kerusakan sel tubuh oleh radikal bebas.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi individu yang menderita diabetes, mengonsumsi kemangi sangat disarankan sebagai upaya untuk mengatur kadar gula darah.

Zat-zat yang ada dalam kemangi dapat mempercepat penurunan tingkat glukosa dan membantu mengurangi risiko diabetes bagi mereka yang rajin mengonsumsinya.

Memelihara Kesehatan Jantung

Dengan kandungan eugenolnya, daun kemangi mampu mengurangi tekanan darah tinggi yang berpotensi menimbulkan kegagalan jantung.

Konsumsi daun kemangi secara rutin dapat mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh.

Menenangkan Pikiran

Aroma dari daun kemangi memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran, membantu mengurangi tingkat stres, serta mempercepat dan memelihara kualitas tidur.

Mencegah Penuaan Dini

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, daun kemangi juga berguna bagi kulit karena kandungan antioksidannya yang mencegah penuaan dini dan mempertahankan kelembapan kulit yang kering.

BACA JUGA:  5 Resep Jamu Jahe dari 3 Bahan untuk Kolesterol dan Asam Urat, Praktis Mudah Dibikin Sendiri

Daun Kemangi bisa Menyembuhkan Penyakit apa Saja?

Daun Kemangi memiliki kandungan senyawa anti-kanker yang terbukti efektif melawan sel-sel kanker dalam tubuh, termasuk yang berkaitan dengan kanker paru-paru, hati, rongga mulut, dan kulit. Di samping itu, kemangi juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, mengatur kadar gula darah, serta memfasilitasi proses pemulihan setelah terkena stroke.

Apakah Boleh Makan Daun Kemangi Setiap Hari?

Daun kemangi mengandung senyawa eugenol, yang memiliki ciri aroma dan rasa khas. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, senyawa ini berpotensi menimbulkan kerusakan pada sel-sel darah merah.

Apakah Kemangi Baik untuk Asam Lambung?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun kemangi memiliki kapasitas untuk mencegah gejala yang berasal dari cedera pada perut. Kemangi dapat mengurangi tingkat asam lambung dan memperbaiki produksi lapisan lendir yang melindungi dinding perut.

Apa Manfaat Kemangi Dimakan Mentah?

Keuntungan mengonsumsi daun kemangi mentah dalam hal kesehatan sangat beragam karena nutrisi yang melimpah. Daun kemangi mengandung antioksidan penting yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko kerusakan sel, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

SUMBER: https://www.fimela.com/health/read/5598345/5-khasiat-daun-kemangi-untuk-redakan-asam-urat-dan-kolesterol

Tinggalkan Balasan