Posted on Leave a comment

Luar Biasa! Ini 7 Manfaat Cepokak untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Urat dan Osteoporosis, Begini Cara Buatnya

KORAN GALA – Apakah Anda tahu cepokak? Cepokak adalah buah yang diperoleh dari tumbuhan terung pipit (Solanum torvum), yang merupakan tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae).

Tumbuhan ini memiliki buah dan bijinya yang dipakai sebagai sayuran. Buah cepokak memiliki ukuran kecil dan berwarna hijau atau merah. Tumbuhan cepokak dapat tumbuh liar di kebun, dataran rendah, sampai ke kadataran tinggi.

Buah cepokak mengandung antioksidan, yang menjadi manfaat utama dari tumbuhan ini. Cepokak mengandung senyawa aktif seperti triterpenoid, asam asiatic, asiaticoside, brahmoside, thankuniside, serta flavonoid yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Cepokak adalah tumbuhan yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Dilansir dari Instagram @zaidulakbar, tumbuhan ini dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Terdapat klaim bahwa cepokak dapat digunakan untuk mengobati asam urat, memperlancar peredaran darah, mencegah osteoporosis, mengobati ambeien, mengatasi mata minus, mengobati influenza, serta memiliki sifat sebagai obat kanker alami. Berikut penjelasannya:

1. Mengobati asam urat

Beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa ekstrak cepokak dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan asam urat. Cepokak mengandung senyawa flavonoid yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jadi, cepokak dapat membantu mengatasi masalah asam urat.

2. Memperlancar peredaran darah

Cepokak diyakini bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah dengan merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

3. Mencegah osteoporosis

Beberapa studi praklinis menunjukkan bahwa cepokak dapat meningkatkan jumlah sel osteoblas yang bertanggung jawab untuk pembentukan tulang. Cepokak mengandung senyawa aktif yang dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang dan mencegah kerusakan tulang, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis.

BACA JUGA:  Riset Terbaru: Makan Pizza Sepekan Sekali Bisa Ringankan Gejala Rematik! Benarkah?

4. Mengobati ambeien

Beberapa orang mempercayai bahwa ekstrak cepokak dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka yang terkait dengan ambeien. Cepokak mengandung senyawa seperti flavonoid dan triterpenoid yang memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik. Sifat antiinflamasi ini dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada ambeien, sementara sifat antiseptiknya dapat membantu mencegah infeksi.

5. Mengatasi mata minus

Beberapa penggemar pengobatan tradisional mempercayai bahwa minum air rebusan cepokak dapat membantu mengurangi gangguan mata seperti mata minus. Cepokak mengandung senyawa aktif yang memiliki efek anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah inflamasi pada mata.

6. Mengobati influenza

Beberapa orang percaya bahwa ekstrak cepokak memiliki sifat antivirus dan dapat membantu meredakan gejala influenza. Cepokak mengandung senyawa aktif yang memiliki efek anti-inflamasi dan antivirus, sehingga dapat membantu mengatasi masalah influenza.

7. Obat kanker alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cepokak dapat memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa senyawa aktif yang ditemukan dalam cepokak, seperti asiaticoside dan triterpenoid, telah terbukti memiliki efek antitumor dan dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Berikut cara mengkonsumsi cepokan:

1. siapkan 10 buah cepokan, makan setiap pagi.

Semoga bermanfaat***

Eli Siti Wasilah
Rabu, 26 Juni 2024 | 22:30 WIB

Editor: Eli Siti Wasilah

SUMBER: https://www.koran-gala.id/gala-ragam/58712997500/luar-biasa-ini-7-manfaat-cepokak-untuk-kesehatan-bisa-obati-asam-urat-dan-osteoporosis-begini-cara-buatnya

Tinggalkan Balasan