Posted on Leave a comment

Obat Alami Mengatasi Bengkak Akibat Asam Urat, Ada Jahe hingga Kunyit

Ratnaningtyas Winahyu – Kamis, 9 Mei 2024 | 11:00 WIB

GridHEALTH.id – Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien.

Salah satu gejala yang sering terjadi pada asam urat adalah bengkak dan nyeri pada sendi, terutama sendi jari kaki dan jari tangan.

Meskipun terdapat obat-obatan medis yang dapat membantu mengurangi gejala, ada juga beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi bengkak akibat asam urat.

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Obat alami mengatasi bengkak akibat asam urat

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi bengkak akibat asam urat.

1. Konsumsi air putih secara teratur

Air putih merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi air putih secara teratur, Anda dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urin, sehingga membantu mengurangi risiko bengkak akibat asam urat.

2. Konsumsi buah-buahan beri

Buah-buahan beri seperti ceri, stroberi, dan blueberry mengandung senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak pada sendi akibat asam urat.

Konsumsi buah-buahan beri secara teratur dapat membantu mengurangi gejala asam urat, termasuk bengkak.

3. Minum teh jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri akibat asam urat.

Minum teh jahe secara teratur dapat membantu mengurangi bengkak dan meningkatkan kenyamanan pada sendi yang terkena.

4. Konsumsi kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi yang kuat.

Konsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau tambahkan kunyit segar dalam makanan dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak akibat asam urat.

BACA JUGA:  Resep Seduhan 2 Bahan Dapur Ini Efektif untuk Rontokkan Asam Urat dan Kolesterol

5. Minum cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada sendi akibat asam urat.

Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air dan minum secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau yoga dapat membantu meningkatkan peredaran darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko bengkak akibat asam urat.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

7. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kangkung mengandung zat besi yang dapat membantu mengikat asam urat dalam tubuh dan mengurangi risiko terjadinya bengkak akibat asam urat. Konsumsi sayuran hijau secara teratur dalam makanan sehat Anda.

8. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membiarkan tubuh memulihkan diri dan mengurangi peradangan akibat asam urat. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam agar tubuh dapat berfungsi optimal.

Mengatasi bengkak akibat asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan mengonsumsi obat alami yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan sendi.

Selain mengonsumsi obat alami, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat.

Jika gejala asam urat Anda tidak membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi dan penanganan yang tepat. (*)

SUMBER: https://health.grid.id/read/354073508/obat-alami-mengatasi-bengkak-akibat-asam-urat-ada-jahe-hingga-kunyit

Tinggalkan Balasan