Posted on Leave a comment

Asam Urat Bisa Diobati dengan Teh Bubuk Kunyit, Ini Cara Minumnya

Rabu, 08 Mei 2024 / 03:49 WIB

Sumber: Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID – Kunyit disebut sebagai salah satu alternatif untuk mengobati penyakit asam urat yang sering dikeluhkan oleh banyak orang baik di tanah air maupun di sejumlah negara.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat umumnya mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. Penyakit tersebut diketahui muncul disebabkan oleh asam urat yang menumpuk, mengendap hingga membentuk kristal di bagian persendian.

Saat seseorang mengalami asam urat, biasanya cenderung merasakan nyeri sendi di bagian tertentu. Asam urat bisa muncul apabila seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi secara berlebihan. Purin adalah zat yang terdapat pada tiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Dalam hal ini, purin erat kaitannya dengan metabolisme dalam tubuh. Jika tubuh dalam keadaan normal, asam urat itu akan dikeluarkan tubuh melalui kotoran atau urin. Namun karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat, maka yang terjadi adalah kadar asam urat dalam tubuh berlebihan.

Kemudian, asam urat tersebut terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Oleh karena itu penderita asam urat biasanya kerap mengeluh susah jalan.

Kunyit sebagai alternatif penyembuhan asam urat

Kunyit menjadi alternatif penyembuhan asam urat lantaran memiliki kandungan zat aktif kurkumin. Zat yang merupakan antioksidan itu memiliki kandungan antiinflamasi atau antiradang.

Dalam satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin. Kurkumin bekerja dengan memblokir sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Asam Urat dengan Teh Bubuk Kunyit, Mudah Dibuat

Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan peradangan, mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

Cara penyajian kunyit untuk obat asam urat

Untuk merasakan khasiatnya, Anda bisa menyeduh satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Dilansir dari Nakita.grid.id, cara penyajian ini baik untuk dikonsumsi dua kali dalam sehari. Opsi lainnya, Anda bisa memasukkan 250 mg bubuk kunyit ke dalam kapsul.

Selain menggunakan bubuk kunyit, Anda juga bisa membuat obat asam urat langsung dari kunyit yang segar. Cara penyajiannya, bisa dengan merebus 1 ibu jari kunyit dan diambil airnya.

Bahkan untuk jenis rebusan, Anda juga bisa menyajikannya berbarengan dengan rimpang baik lainnya, seperti daun kumis kucing serta temulawak.

Kendati demikian, kunyit sebagai obat asam urat hanya untuk meringankan gejala radang saja tanpa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.tv, berjudul: Kunyit Bisa Sembuhkan Asam Urat, Begini Cara Konsumsinya

SUMBER: https://kesehatan.kontan.co.id/news/asam-urat-bisa-diobati-dengan-teh-bubuk-kunyit-ini-cara-minumnya

Tinggalkan Balasan