Posted on Leave a comment

10 Jus Penurun Asam Urat, Mudah Dibuat dan Rasanya Enak

Anindya Milagsita – detikJogja
Selasa, 21 Mei 2024 17:26 WIB

Jogja – Asam urat menjadi salah satu masalah kesehatan yang membuat pengidapnya tak nyaman, sehingga perlu dilakukan sejumlah cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengonsumsi 10 jus penurun asam urat yang akan dipaparkan melalui artikel ini.

Perlu diketahui selama ini jus menjadi salah satu minuman yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Tentunya jus yang dimaksud berasal dari buah maupun sayur asli. Mengutip dari buku ‘Terapi Jus untuk Rematik & asam Urat’ yang disusun oleh Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS dan Yuni Harlinawati, buah dan sayur menjadi sumber makanan yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

Zat yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membantu untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Salah satunya berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Salah satu manfaat dari mengonsumsi jus buah dan sayur adalah membantu menurunkan asam urat.

Lantas apa sajakah pilihan jus penurun asam urat yang dapat dikonsumsi dan dibuat sendiri di rumah? Simak selengkapnya melalui artikel ini.

Apa Itu Asam Urat?

Sebelum mengenali buah dan sayur apa saja yang cocok dijadikan sebagai jus penurun asam urat, tidak ada salahnya bagi detikers untuk memahami terlebih dahulu mengenai apa itu asam urat. Masih dikutip dari buku yang sama, asam urat dapat diartikan sebagai bagian dari metabolisme purin.

Sebenarnya keberadaan asam urat di dalam tubuh itu wajar, asalkan dalam jumlah yang normal. Apabila dalam keadaan normal, tubuh akan membuang produk buangan melalui urine. Produk buangan yang dimaksud salah satunya adalah asam urat. Namun, saat jumlahnya melebihi ambang batas normal, maka asam urat yang diproduksi justru akan menumpuk di dalam jaringan tubuh.

Hal tersebut memicu terjadinya pengkristalan asam urat yang membentuk di daerah persendian. Kondisi ini membuat seseorang akan merasakan sensasi sakit pada area tersebut. Maka tak heran, seseorang yang asam uratnya tinggi cenderung merasakan sakit di sekitar persendiannya.

BACA JUGA:  14 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Khasiatnya Nggak Kaleng-kaleng!

Sementara itu, menurut buku Sajian Sehat & Lezat untuk Asam Urat’ yang disusun oleh TimDapur DeMedia, asam urat berkaitan dengan pola makan. Biasanya asam urat yang tinggi merupakan hasil dari pola makan tidak seimbang dan asupan protein yang cenderung berlebihan. Oleh karena itu, membatasi konsumsi makanan yang mengandung protein diperlukan bagi mereka yang kerap mengalami asam urat tinggi.

10 Jus Penurun Asam Urat

Salah satu cara untuk menurunkan asam urat tinggi adalah dengan mengonsumsi jus yang berasal dari buah maupun sayuran asli. Terdapat sejumlah jenis buah dan sayur yang dapat dijadikan sebagai terapi jus penurun asam urat. Merujuk dari buku sebelumnya dan buku ‘Tanaman Obat & Jus untuk Asam Urat & Rematik’ karya Ir Lukas Tersono Adi hingga ‘Solusi Sehat Mengatasi Asam Urat & Rematik’ yang disusun oleh Redaksi AgroMedia, berikut 10 jus penurun asam urat yang mudah dibuat dan rasanya enak:

1. Jus Jambu Biji

Jus penurun asam urat pertama adalah jambu biji. Pada setiap butir jambu biji mengandung beberapa zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Sebut saja misalnya mineral, pektin, tanin, dan serat. Selain mampu menurunkan asam urat, jambu biji juga memberikan manfaat dalam menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, mencegah konstipasi atau susah buah air besar, mengatasi infeksi, hingga membersihkan darah.

2. Jus Belimbing

Meskipun belimbing cukup jarang dijadikan sebagai olahan jus, tetapi siapa sangka jus belimbing mampu membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Alasannya karena dalam setiap buah belimbing terdapat kandungan nutrisi yang bersifat diuretik. Belimbing juga memiliki kandungan lain yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya kaya akan vitamin C, B1, dan provitamin A. Bukan hanya itu, belimbing juga sumber fosfor, zat besi, dan kalsium yang baik bagi tubuh.

3. Jus Tomat

Adakah di antara detikers yang pernah mencoba jus tomat? Bagi sebagian orang, buah yang satu ini paling cocok dipadukan dengan wortel. Akan tetapi, saat mengolah tomat tanpa tambahan wortel pun mampu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya menurunkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan vitamin B, C, dan K. Di dalam buah tomat juga mengandung zat besi, fosfor, likopen, karoten, dan kalsium.

BACA JUGA:  Antusiasme Puluhan Orang di Surabaya Ikut Donor Darah Massal

4. Jus Buah Naga

Buah naga atau dragon fruit juga termasuk dalam jenis buah yang dapat diolah menjadi jus penurun asam urat. Selain asam urat, jus buah naga juga mampu menurunkan kolesterol dan kadar lemak, serta menyeimbangkan gula darah. Secara umum, buah naga mengandung zat besi, kalsium, protein, sodium, serat, hingga potasium yang diperlukan bagi tubuh. Buah naga juga dapat dipilih sebagai sumber vitamin C dan betakaroten yang enak untuk dijadikan sebagai jus.

5. Jus Jeruk

Selama ini jeruk menjadi salah satu buah andalan bagi sebagian besar orang saat dijadikan dalam wujud olahan minuman. Namun, mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata dalam setiap buah jeruk memiliki kandungan yang dapat membantu dalam menurunkan kadar asam urat tinggi. Kandungan antioksidan yang ada di dalam tubuh memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jeruk juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi, sehingga baik untuk kesehatan kardiovaskular.

6. Jus Pisang

Salah satu kandungan yang diperlukan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi adalah serat. Seperti diketahui ada berbagai jenis buah yang mengandung serat tinggi. Tak terkecuali pisang yang dapat diolah menjadi jus. Apabila detikers tidak terbiasa mengonsumsi jus pisang, dapat mencampurnya dengan buah naga maupun beberapa buah lain yang telah disebutkan sebelumnya. Selain serat, buah pisang juga mengandung zat gizi lain misalnya mineral hingga vitamin A dan C.

7. Jus Mangga

Selain beberapa jus buah yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga jus buah enak untuk diminum sebagai penurun asam urat. Jus tersebut berasal dari buah mangga. Nilai zat gizi pada buah mangga terdiri dari fruktosa, pektin, dan vitamin A. Selain membantu menurunkan asam urat, jus mangga untuk bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme, memenuhi asupan hidrasi, hingga membersihkan sirkulasi darah.

BACA JUGA:  Penderita Asam Urat Tinggi Baiknya Batasi Konsumsi Torpedo Kambing, Ini Alasannya

8. Jus Melon

Melon dikenal sebagai buah yang terasa segar saat disantap. Namun, olahan jus melon juga tak kalah menyegarkan untuk diminum dan memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya dapat membantu untuk bekerja sebagai penurun asam urat tinggi. Serupa dengan pisang dan buah naga, melon juga kaya akan serat. Hal ini membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Bukan hanya itu, melon juga mengandung vitamin A dan C, hingga karbohidrat, fosfor, kalsium, magnesium, dan kalium yang diperlukan bagi tubuh.

9. Jus Pepaya

Meskipun terdengar unik, ternyata jus pepaya juga dapat dipilih sebagai olahan minuman penurun asam urat tinggi. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan kandungan yang ada di dalam setiap buah pepaya. Perlu diketahui bahwa di dalam buah pepaya ada sebuah kandungan bernama papain yang dapat membantu tubuh untuk memproses pencernaan protein. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, asam urat berawal dari penumpukan protein yang berlebihan di dalam tubuh. Jadi diharapkan dengan mengonsumsi jus pepaya, dapat membantu menyeimbangkan kadar protein yang terdapat di dalam tubuh.

10. Jus Apel

Pilihan olahan jus penurun asam urat selanjutnya yang patut untuk dicoba adalah jus apel. Serupa dengan melon, apel juga memiliki serat yang tinggi. Hal ini membantu seseorang untuk dapat buang air besar dengan lebih lancar. Selain itu, dalam setiap buah apel juga mengandung vitamin C, kalsium, pektin, magnesium, hingga provitamin A yang baik untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah kadar asam urat tinggi.

Nah, itulah tadi rangkuman 10 jus penurun asam urat yang dapat dijadikan sebagai pilihan bagi detikers. Selamat mencobanya, ya.

SUMBER: https://www.detik.com/jogja/kuliner/d-7351577/10-jus-penurun-asam-urat-mudah-dibuat-dan-rasanya-enak

Tinggalkan Balasan