Posted on Leave a comment

7 Makanan Rendah Purin untuk Kurangi Asam Urat, Aman Dikonsumsi

Rio Raga Sakti – detikBali
Rabu, 08 Mei 2024 13:45 WIB

Denpasar – Bagi para pejuang asam urat, bagian persendian merupakan hal yang sangat dikhawatirkan. Asam urat yang tinggi kerap memicu nyeri hingga kaku pada persendian tubuh. Makanan yang memiliki kandungan purin tinggi dapat menyebabkan kenaikan asam urat.

Dilansir dari detikHealth, makanan yang dapat memicu asam urat adalah daging merah, jeroan, lobster, kepiting, udang, kerang, dan makanan yang memiliki kandungan purin tinggi lainnya. Jika kamu adalah pejuang asam urat, kamu harus mengurangi makanan tersebut.

Meski kita tidak dapat sepenuhnya menghilangkan asam urat, menjaga pola makan yang tepat dapat membantu menurunkan asam urat dan dapat mencegah serangan gout. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja memilih makanan yang rendah purin.

Dilansir dari Halodoc, berikut beberapa makanan yang memiliki kadar purin rendah dan dapat mengurangi kadar asam urat yang aman dikonsumsi.

1. Ikan salmon

Ikan salmon dapat menurunkan asam urat karena mengandung omega-3 yang mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang diakibatkan oleh asam urat.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak sehat dan antioksidan baik yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, di dalam buah alpukat juga terdapat vitamin E yang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh asam urat.

3. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang penting bagi tubuh karena setiap sayuran memiliki kandungan vitamin yang beragam. Akan tetapi, bagi para pejuang asam urat harus lebih cermat dalam memilih sayuran yang akan dikonsumsi.

Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi adalah sayuran yang memiliki kandungan purin rendah seperti kol merah, paprika, wortel, mentimun, selada, dan kentang. Hal yang terpenting adalah setiap sayuran yang akan dikonsumsi harus melalui pengolahan yang baik.

BACA JUGA:  Tanaman Kratom Lagi Ramai Dibahas, Ini Kandungan dan Manfaatnya

4. Buah

Buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk pejuang asam urat. Buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan tomat, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cara menghancurkannya dan mengeluarkannya melalui urine.

5. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Protein tinggi yang dimiliki telur dapat membantu menurunkan kadar purin penyebab asam urat.

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki nutrisi tinggi dan rendah purin. Hal ini yang menjadikan pisang sebagai pilihan tepat bagi para pejuang asam urat.

Kandungan vitamin C dalam pisang juga bermanfaat bagi pejuang asam urat, karena dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi peradangan.

7. Yoghurt

Yoghurt termasuk makanan yang aman dan bermanfaat bagi penderita asam urat. Namun perlu digaris bawahi yoghurt yang baik untuk tubuh adalah yoghurt yang memiliki kadar lemak rendah, sehingga dapat mengendalikan kadar asam urat.

Perlu diingat bahwa menjaga pola makan hanyalah salah satu cara untuk mengurangi asam urat. Jaga kondisi tubuh kita dengan berolahraga juga agar tetap sehat dan bugar.

Artikel ini ditulis oleh Rio Raga Sakti peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(nor/nor)

SUMBER: https://www.detik.com/bali/berita/d-7330698/7-makanan-rendah-purin-untuk-kurangi-asam-urat-aman-dikonsumsi

Tinggalkan Balasan