Posted on Leave a comment

8 Sayuran Hijau yang Bisa Sebabkan Asam Urat

Jakarta, Beritasatu.com – Makanan tinggi purin menjadi pemicu utama peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan serangan gout atau asam urat. Purin merupakan senyawa yang dapat dipecah menjadi asam urat oleh tubuh.

Ketika asam urat menumpuk, ia dapat membentuk kristal yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada persendian. Beberapa sayuran, meskipun umumnya dianggap sehat, ternyata mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi dan tidak baik dikonsumsi secara berlebihan oleh mereka yang rentan terhadap asam urat. Berikut ini delapan sayuran hijau yang bisa sebabkan asam urat.

1. Bayam

Bayam mengandung purin tinggi, yang ketika dipecah oleh tubuh menghasilkan asam urat. Kelebihan asam urat dalam darah dapat mengkristal di persendian, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang dikenal sebagai gout atau asam urat.

2. Buncis

Buncis merupakan sayuran populer di Indonesia dan sering diolah dalam berbagai hidangan. Meskipun bergizi, buncis mengandung fruktosa cukup tinggi. Konsumsi buncis dalam jumlah besar dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

3. Asparagus

Asparagus kaya akan nutrisi seperti kalium dan folat, tetapi juga mengandung purin tinggi, sekitar 23 mg per 100 gram. Konsumsi asparagus berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Sawi

Sawi memiliki banyak manfaat kesehatan, namun mengandung purin dalam jumlah cukup. Bagi mereka yang sensitif terhadap purin, konsumsi sawi berlebihan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kale

Kale terkenal dengan kandungan nutrisi tinggi seperti vitamin, mineral, dan serat. Namun, kale juga mengandung purin yang dapat memengaruhi kadar asam urat. Meski bermanfaat, konsumsi kale harus diperhatikan bagi yang memiliki masalah dengan asam urat.

BACA JUGA:  Selain Makanan, Ternyata Hal Ini Bisa Memicu Asam Urat, dr Zaidul Akbar: Jarang Diungkap ke Publik

6. Kangkung

Kangkung, sayuran hijau populer di masakan Asia, termasuk Indonesia, kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Meskipun mengandung purin dalam jumlah rendah dibandingkan sayuran lain, konsumsi kangkung tetap perlu diperhatikan.

7. Kembang kol

Kembang kol, atau bunga kol, adalah sayuran dari keluarga kubis-kubisan. Selain kaya akan vitamin C, vitamin K, dan serat, kembang kol juga mengandung purin yang dapat menyebabkan asam urat jika dikonsumsi berlebihan.

8. Kacang polong

Kacang polong mengandung purin dalam jumlah signifikan. Meski kaya serat dan nutrisi, kacang polong sebaiknya dikonsumsi dengan porsi terkendali bagi individu yang memiliki masalah dengan asam urat tinggi.

Rabu, 3 Juli 2024 | 17:21 WIB
Penulis: Fatimah Malinda Utami
Editor: TCE

Tinggalkan Balasan