Posted on Leave a comment

Selain Makanan, Ternyata Hal Ini Bisa Memicu Asam Urat, dr Zaidul Akbar: Jarang Diungkap ke Publik

BENGKULUEKSPRESS.COM- Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Sedangkan untuk wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah mereka mengalami menopause.

Penyakit asam urat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti makanan yang mengandung zat purin tinggi, minuman bergula dan beralkohol, obat-obatan, serta riwayat penyakit.

Selain itu, ada satu penyebab penyakit asam urat yang jarang diungkapkan ke publik.

Penyebab asam urat yang jarang diungkap ke publik tersebut disampaikan dr Zaidul Akbar dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Perjalanan Berhijrah.

dr Zaidul Akbar menceritakan tentang suami sahabatnya yang menderita sakit asam urat, dan orang tersebut memiliki pola makan yang kurang sehat.

Misalnya, makan nasi dalam jumlah banyak dengan lauk berlemak. Dengan pola makan seperti itu, tentu sulit memiliki tubuh yang sehat.

Saat berbicara tentang penyakit asam urat, memang berkaitan dengan asam yang ada di dalam tubuh.

Namun, jika kadar asam ini berlebihan, pasti akan menimbulkan masalah. dr Zaidul Akbar menyebutkan bahwa penyebab utama yang paling berkontribusi terhadap meningkatnya kadar asam dalam tubuh adalah pikiran atau stres.

“Maksudnya apa? tidak ada syukur-syukurnya setiap hari, ngeliat orang nggak ada benernya,” ungkap Zaidul Akbar.

Jadi, pikiran atau stres sebagai penyebab asam urat sering kali tidak diketahui oleh banyak orang. Padahal, ini adalah salah satu penyebab utama penyakit asam urat yang paling tinggi.

BACA JUGA:  7 Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Salah Satunya Mager!

Itulah penjelasan dr Zaidul Akbar tentang penyebab asam urat yang jarang diungkapkan ke publik. Semoga bermanfaat.(*)

Reporter: Ari Apriko
Editor: Ari Apriko
Sabtu 08-06-2024,09:00 WIB

SUMBER: https://bengkuluekspress.disway.id/read/173761/selain-makanan-ternyata-hal-ini-bisa-memicu-asam-urat-dr-zaidul-akbar-jarang-diungkap-ke-publik

Tinggalkan Balasan