Posted on Leave a comment

Mimpi Buruk Tanda Peringatan Potensial Timbulnya Penyakit Autoimun Seperti Lupus dan Artritis Reumatoid

Beritasenator.com. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mimpi buruk dan “mimpi buruk” mungkin menandakan kambuhnya penyakit autoimun seperti lupus dan artritis reumatoid.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengidentifikasi gejala-gejala tidak biasa yang dapat mengindikasikan berkembangnya beberapa penyakit rematik autoimun sistemik.

Mimpi buruk dan halusinasi yang dialami saat terjaga telah terbukti menjadi tanda peringatan potensial timbulnya beberapa penyakit autoimun seperti lupus dan artritis reumatoid.

“Satu temuan menarik adalah bahwa gejala-gejala tertentu, termasuk mimpi buruk, biasanya digambarkan terjadi tepat sebelum gejala penyakit lainnya, sehingga dapat memberikan sistem peringatan dini akan meningkatnya aktivitas penyakit. Hal ini dapat mengarah pada pengobatan lebih awal dan dukungan yang lebih baik,” kata Melanie. Sloan, penulis utama dan peneliti di Departemen Kesehatan Masyarakat dan Perawatan Primer di Universitas Cambridge.

Menurut Sloan, tim bisa mendapatkan hasil ini dengan mengadopsi pendekatan yang berfokus pada pasien, menekankan pengalaman pasien dan deskripsi gejalanya, dibandingkan hanya mengandalkan pengamatan dokter dan peneliti.

“Beberapa gejala yang kami tanyakan umumnya diketahui sebagai bagian dari lupus (misalnya sakit kepala dan kelelahan); gejala lain saat ini tidak termasuk dalam kriteria lupus atau penyakit rematik autoimun sistemik lainnya. Gejala ini termasuk mimpi buruk,” kata Sloan. .

Studi ini dipublikasikan pekan ini di jurnal eClinicalMedicine.

LBH
Sabtu, 25 Mei 2024 | 16:00 WIB

Editor: LBH

SUMBER: https://www.beritasenator.com/berita-sehat/6412749610/mimpi-buruk-tanda-peringatan-potensial-timbulnya-penyakit-autoimun-seperti-lupus-dan-artritis-reumatoid

BACA JUGA:  Ternyata Jantung Juga Bisa Kena Reumatik Lho!
Tinggalkan Balasan