Posted on Leave a comment

Bisa Obati Rematik, Intip 11 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Berikut Ini

Reporter: Rezki Wening Hayuningtyas
Editor: Rezki Wening Hayuningtyas
Jumat, 24 Mei 2024 | 06:55 WIB

MOMSMONEY.ID – Daun beluntas merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Tanaman ini telah digunakan secara tradisional untuk berbagai pengobatan. Kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif, daun beluntas menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Namun, apa saja manfaat daun beluntas untuk kesehatan?

Menyadur dari laman Klik Dokter, berikut adalah 11 manfaat daun beluntas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengobati Rematik

Daun beluntas memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna dalam pengobatan rematik. Selain itu, tanaman seperti jahe dan kunyit juga diketahui memiliki manfaat yang serupa dalam mengatasi peradangan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Anda terluka, mencoba menggunakan daun beluntas dapat menjadi pilihan. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari daun ini, bersama dengan kandungan saponin, tanin, dan terpenoid, dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Mencegah Kerusakan Hati

Penelitian dari Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa daun beluntas dapat melindungi hati dari kerusakan akibat toksin, berkat kandungan myricetin, quercetin, dan kaempferol. Efek protektif ini juga ditemukan dalam penelitian lain yang menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun beluntas dapat mengobati kerusakan hati.

4. Mencegah Penuaan Dini

Daun beluntas kaya akan antioksidan yang dapat melawan kerusakan oleh radikal bebas, sehingga berpotensi mencegah penuaan dini. Daun ini juga mendukung regenerasi sel kulit mati, memberikan penampilan kulit yang lebih sehat dan segar.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dalam daun beluntas dipercaya penting dalam mencegah penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Manfaat ini bisa maksimal jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, serta pengelolaan stres yang baik.

BACA JUGA:  10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Penawar Racun

6. Mencegah Gigi Berlubang

Daun beluntas efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang, Streptococcus mutans, meskipun masih membutuhkan bukti lebih lanjut pada manusia.

7. Mendukung Pengobatan Tuberkulosis

Studi menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari daun beluntas memiliki sifat antituberkulosis, yang mungkin mendukung pengobatan TBC.

8. Mengurangi Nyeri Pasca Pencabutan Gigi

Riset menunjukkan bahwa daun beluntas dapat mengurangi rasa sakit yang timbul setelah pencabutan gigi, dengan memanfaatkan zat aktif yang terkandung di dalamnya.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun beluntas juga dipercaya dapat menghambat pemecahan gula di usus, yang mungkin membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

10. Mengatasi Obesitas

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Molecules, teh daun beluntas efektif dalam mengurangi lemak tubuh dan gula darah pada model hewan obesitas.

11. Mengobati Wasir

Riset menunjukkan bahwa teh daun beluntas dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh wasir, berkat khasiat anti-inflamasi dan analgesiknya.

Itulah sejumlah manfaat daun beluntas untuk kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat potensial, penting untuk menggunakan daun beluntas dengan hati-hati dan di bawah pengawasan medis, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

SUMBER: https://momsmoney.kontan.co.id/news/bisa-obati-rematik-intip-11-manfaat-daun-beluntas-untuk-kesehatan-berikut-ini-1

Tinggalkan Balasan