Posted on Leave a comment

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Ada 10 Khasiat Luar Biasa

Reporter: Rezki Wening Hayuningtyas
Editor: Rezki Wening Hayuningtyas
Selasa, 07 Mei 2024 | 13:10 WIB

MOMSMONEY.ID – Bagi orang Indonesia, daun singkong menjadi salah satu makanan sehat andalan. Ya, makanan satu ini terkenal dengan khasiat atau manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bagi beberapa orang, mungkin masih ada yang belum tahu apa saja manfaat daun singkong untuk kesehatan.

Nah, Momsmoney merangkum sederet manfaat daun singkong untuk kesehatan, bersumber dari laman Health Benefits Times sebagai berikut:

1. Kaya nutrisi

Daun singkong adalah sumber vitamin dan mineral penting yang mendukung pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh serta memperkuat sistem imun.

Kandungan nutrisi yang tinggi ini sangat penting dalam mencegah kekurangan gizi.

2. Sumber protein yang baik

Daun singkong menyediakan protein dalam jumlah yang signifikan, dengan kandungan protein kering mencapai 40% hingga 60%. Ini menjadikan daun singkong sebagai komponen penting dalam diet vegetarian.

3. Mengandung antioksidan yang melimpah

Daun singkong diperkaya dengan antioksidan seperti fenolik, flavonoid, dan karotenoid. Antioksidan ini, termasuk beta-karoten dan lutein, mendukung kesehatan mata dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung dengan memerangi stres oksidatif.

4. Mendukung pencernaan yang sehat

Kandungan serat dalam daun singkong membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Serat ini juga mendukung pemulihan dari gangguan pencernaan seperti kolitis ulserativa.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Daun singkong memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terutama karena kandungan flavonoid dan fitokimianya yang melindungi dan memperbaiki jaringan.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Teh daun singkong dapat berperan dalam mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi sistem imun. Hal ini menjadikan daun singkong tambahan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin mengelola tekanan darah atau meningkatkan ketahanan imun.

BACA JUGA:  Bisa Obati Rematik, Intip 11 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Berikut Ini

7. Baik untuk kehamilan

Kandungan zat besi, folat, dan vitamin C yang tinggi dalam daun singkong sangat bermanfaat bagi wanita hamil, mencegah anemia dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

8. Efektif melawan Kkwashiorkor

Daun singkong kaya akan protein esensial yang mencegah dan mengobati kwashiorkor, penyakit kekurangan gizi yang disebabkan oleh kekurangan protein, menjadikannya sangat penting di daerah dengan akses terbatas ke sumber protein lain.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Kaya akan vitamin A, daun singkong mendukung kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kondisi terkait penglihatan seperti rabun senja dan penurunan penglihatan terkait usia.

10. Mengobati penyakit rematik

Daun singkong juga membantu dalam mengelola dan mengobati kondisi inflamasi seperti rematik dan arthritis, berkat kandungan magnesium dan sifat analgesiknya.

Nah, itulah beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Daun singkong tidak hanya bergizi, namun juga serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan. Semoga bermanfaat, ya.

SUMBER: https://momsmoney.kontan.co.id/news/manfaat-daun-singkong-untuk-kesehatan-ada-10-khasiat-luar-biasa

Tinggalkan Balasan