Posted on Leave a comment

Riset Terbaru: Makan Pizza Sepekan Sekali Bisa Ringankan Gejala Rematik! Benarkah?

RASELNEWS.COM – Apakah Anda menderita rematik? Cobalah untuk sering-sering makan pizza. Menurut riset terkini, makan pizza dapat meringankan gejala rematik. Benarkah?

Selama ini, pizza dikenal sebagai makanan yang dapat menyebabkan masalah jika dikonsumsi terlalu banyak.

Namun, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa menyajikan pizza yang segar dan nutrisinya seimbang bisa menjadi pilihan bergizi bagi penderita reumatoid artritis atau rematik.

Rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada persendian.

Hingga kini, obat untuk rematik belum ditemukan dan hasil sebuah penelitian tersebut menyatakan pizza bisa meringankan rematik, namun apakah informasi ini benar?

Ilmuwan dari Italia menemukan bahwa makan setidaknya setengah porsi pizza sepekan sekali dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat rematik hingga 80 persen.

Efek menguntungkan ini kemungkinan didorong oleh keju mozzarella dan, pada tingkat yang lebih rendah, oleh minyak zaitun.

Meski demikian, mereka tidak dapat menilai kemungkinan kontribusi saus tomat, tulis para peneliti.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients ini, para ahli menganalisis konsumsi pizza dan pola makan yang lebih luas dari 365 orang dengan rematik.

Responden tersebut berusia antara 18 hingga 65 tahun.

Peserta yang makan setengah pizza lebih dari sekali per pekan menunjukkan penurunan risiko rematik dibandingkan mereka yang hanya makan kurang dari dua kali per bulan.

Mereka yang menderita rematik lebih parah dan makan pizza dalam jumlah yang sama mengalami penurunan rasa sakit hingga 80 persen.(man)

Reporter: Aman Santoso
Editor: Andri Irawan 01
Ahad 07-07-2024,08:38 WIB

SUMBER: https://radarselatan.disway.id/read/664537/riset-terbaru-makan-pizza-seminggu-sekali-bisa-ringankan-gejala-rematik-benarkah

BACA JUGA:  Benarkah Rematik Hanya Diidap Oleh Lansia? Ini penjelasan Dokter
Tinggalkan Balasan