Posted on Leave a comment

Berapa Normal Asam Urat Wanita & Laki-Laki? Cek Manfaat Kunyit untuk Asam Urat

Kamis, 16 Mei 2024 / 15:40 WIB

Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Asam Urat Normal Wanita & Pria – JAKARTA. Berapa angka normal asam urat wanita dan pria? Selain dengan obat, cara menurunkan asam urat dapat dilakukan dengan alami. Salah satu bahan alami untuk menurunkan asam urat adalah kunyit.

Mengenali angka normal asam urat wanita dan pria penting bagi setiap orang. Pasalnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat, banyak laki-laki dan wanita mengeluhkan asam urat yang tinggi.

Lalu berapa angka normal asam urat normal wanita dan pria? Lalu bagaimana cara menurunkan asam urat dengan bahan alami seperti kunyit?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

BACA JUGA:  Dampak Tidak Sengaja Makan Semut

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Manfaat kunyit untuk asam urat

Diberitakan Kompas.com, hunyit adalah rempah-rempah yang mengandung kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat dijadikan obat alami asam urat. Sifat anti-inflamasi pada kunyit dapat membantu meringankan peradangan, termasuk akibat asam urat tinggi.

Sementara, kandungan kurkumin pada kunyit juga bisa mengurangi nyeri sendi akibat serangan gout dan mencegah kekakuan. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan untuk menangkal stres oksidatif yang mengakibatkan peradangan akibat tingginya kadar asam urat.

Bagaimana cara menggunakan kunyit untuk mengatasi asam urat?

Dikutip dari Healthline, berikut tiga cara memanfaatkan kunyit untuk meredakan serangan gout atau menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Berikut cara mendapatkan manfaat kunyit untuk menurunkan asam urat dengan alami:

1. Dicampur ke dalam makanan dan minuman

Cara mendapatkan manfaat kunyit untuk menurunkan asam urat dengan alami yang pertama adalah dengan mencampur rempah-rempah tersebut pada makanan dan minuman. Untuk menjadikan kunyit sebagai bumbu utama di dalam makanan, Anda bisa memasak kari atau masakan lainnya dengan bumbu kuning.

Sementara untuk minuman, Anda dapat mencampur bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dtumbuk ke dalam susu dan teh. Selain itu, Anda dapat memberi taburan atau sejumput kunyit bubuk saat memasak sup, telur dadar, nasi kuning, hingga dicampur ke dalam jus buah.

BACA JUGA:  Anak Muda Waspada Asam Urat, Ini Penyebab dan Gejala Awal Asam Urat

2. Mengoleskan pasta atau krim kunyit pada persendian yang sakit

Cara mendapatkan manfaat kunyit untuk menurunkan asam urat dengan alami yang kedua adalah dengan mengoleskan pasta atau krim kunyit pada persendian.

Cara membuat krim kunyit untuk mengobati asam urat cukup sederhana. Anda hanya perlu menumbuk satu ruas kunyit atau menyiapkan satu sendok larutan bubuk kunyit. Kemudian, campur dengan 1-2 sendok makan yoghurt, madu, atau minyak kelapa.

Setelah itu, oleskan krim kunyit untuk asam urat tersebut pada sendi yang sakit. Setelah 15 menit, Anda dapat membilas area sendi dengan air mengalir dan dikeringkan menggunakan air bersih.

3. Konsumsi suplemen kunyit

Cara mendapatkan manfaat kunyit untuk menurunkan asam urat dengan alami yang ketiga adalah dengan konsumsi suplemen kunyit. Suplemen kunyit biasanya tersedia dalam bentuk kapsul, permen, hingga minuman bubuk.

Arthritis Foundation menyarankan untuk mengonsumsi kapsul kunyit dengan dosis 400-600 mg dalam tiga kali sehari. Selain dengan kunyit, Anda juga dapat mengobati asam urat secara alami dengan konsumsi buah-buahan tinggi vitamin C, seperti lemon dan ceri.

Itulah angka normal asam urat pada wanita dan pria serta cara mendapatkan manfaat kunyit untuk menurunkan asam urat dengan alami. Untuk benar-benar sembuh dari asam urat, Anda juga perlu berobat ke dokter atau menjalani perawatan medis berdasarkan tingkat keparahannya.

SUMBER: https://sehat.kontan.co.id/news/berapa-normal-asam-urat-wanita-laki-laki-cek-manfaat-kunyit-untuk-asam-urat

Tinggalkan Balasan