Posted on Leave a comment

Usai Iduladha, Penderita Asam Urat dan Kolestrol di Sidoarjo Melonjak

SIDOARJO – Usai hari raya Iduladha, jumlah penderita asam urat dan kolesterol di wilayah pinggiran Kota Sidoarjo mengalami lonjakan signifikan. Peningkatan ini diduga akibat terlalu banyak mengonsumsi daging kambing kurban.

Hal itu terungkap dalam pengobatan gratis yang digelar Polresta Sidoarjo dan RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong-Sidoarjo di Desa Banjarbanji, Tanggulangin-Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

”Dari sekitar 300 peserta, 85 persen diketahui menderita asam urat dan kolesterol, yang mayoritasnya adalah kalangan lanjut usia,” kata Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung kepada iNews Media Group, Rabu (19/6/2024).

Lebih dari 300 warga tampak menyerbu dan antrean di posko pengobatan gratis ini. Ratusan warga ini sengaja datang untuk berobat karena mengalami linu dan nyeri pada sejumlah bagian tubuh pasca peringatan Hari Raya Iduladha.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis RS Bhayangkara Porong, diketahui sebagian besar warga menderita penyakit asam urat dan kolesterol. “85 persen mengeluh dan menderita asam urat dan kolesterol,” ucapnya.

Ratusan warga yang menderita asam urat dan kolesterol ini langsung mendapat obat gratis dari tim medis yang memeriksanya. Diduga kuat, tingginya warga yang menderita asam urat dan kolesterol ini akibat terlalu banyak makan daging kurban.

Salah satu lansia Sri Suryati (75) mengaku sakit linu-linu usai mengkomsumsi daging kurban selama tiga hari. “Sakit linu-linu, katanya kolestrol, makanya ikut pengobatan gratis dan disuruh minum obat peredanya,” kata Sri.

Selain mendapat pengobatan gratis, dalam bhakti kesehatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 pada 1 Juli mendatang, peserta pengobatan gratis juga mendapat paket sembako gratis.

Pramono Putra
Rabu, 19 Juni 2024 – 13:06 WIB

BACA JUGA:  Benarkah Makan Kangkung Bisa Memperparah Asam Urat?

SUMBER: https://daerah.sindonews.com/read/1399101/704/usai-iduladha-penderita-asam-urat-dan-kolestrol-di-sidoarjo-melonjak-1718777170

Tinggalkan Balasan